Mohon tunggu...
Annisa Dary Shihab
Annisa Dary Shihab Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021, Pencegahan Penularan Covid-19 Bidang Pendidikan

25 Juli 2021   01:18 Diperbarui: 25 Juli 2021   01:24 84 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021, Pencegahan Penularan Covid-19 Bidang Pendidikan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid 19 telah berdampak di bidang pendidikan. Demi mengurangi penyebaran Covid 19 ini, pemerintah menerapkan pembelajaran daring (Online) untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Selain itu juga, pemerintah menerapkan strategi belajar di rumah dan belajar tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. Belajar dari rumah dilaksanakan dengan dua cara yaitu pembelajaran jarak jauh (daring) dan pembelajaran luring sesuai dengan sarana dan prasarana.

Pendidik/guru harus bisa memastikan kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan meskipun siswa belajar dari rumah. Inovasi pembelajaran merupakan hal yang tepat untuk diterapkan pada masa pandemi seperti sekarang. Guru harus berinovasi dalam kegiatan pemelajaran, misalkan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media yang ada seperti media daring (online). Guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode E-Learning yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer, laptop ataupun HP yang terhubung dengan jaringan internet agar, serta bisa menggunakan aplikasi Telegram, Zoom, Google Meet sebagai media pembelajaran. Guru juga bisa menginformasikan orang tua siswa melalui Grup WhatsApp. Tak hanya itu, pendidik juga bisa membuat vidio pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa lalu kemudan upload di youtube, dengan begitu siswa dapat mengakses vidio tersebut dengan gampang. Banyak lagi inovasi lainnya yang bisa dilakukan oleh pendidik demi memastikan pembelajaran tetap berjalan dan siswa mendapatkan ilmu sesuai kurikulum yang telah disusun pemerintah. 

Selain itu, untuk mencegah penularan covid 19 ini, guru bisa memberikan edukasi terhadap orang tua siswa maupun siswa itu sendiri dengan cara membuat poster tentang cara mencuci tangan yg benar, membuat vidio bagaimana cara memakai masker yang benar. Sehingga orang tua pun dapat mendapatkan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang bisa dilakukan oleh murid untuk mencegah penularan COVID-19?

Cuci tangan selama 20 detik setelah dari toilet, membuang sampah, memegang bagian hidung/mulut dan sebelum/sesudah makan.

Memakai masker jika keluar rumah

Melakukan etika batuk/bersin yang benar yaitu menutup mulut dan hidung dengan siku atau menggunakan tisu dan segera membuang tisu pada tempat sampah yang disediakan.

Olahraga secara rutin baik di sekolah atau rumah

Mengingatkan orang tua atau sekolah untuk melakukan pencatatan suhu harian

Jangan melakukan kontak fisik langsung seperti cium tangan, salaman ataupun berbagi makanan dan minuman

Apa yang bisa dilakukan oleh orang tua murid untuk mencegah penularan COVID-19?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN