Mohon tunggu...
Ilmu Sosbud & Agama

Funsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara dan Bahasa Nasional

5 Desember 2020   13:19 Diperbarui: 5 Desember 2020   13:29 9 1 0 Mohon Tunggu...

Kita semua pasti sudah tahu apa itu bahasa indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi republik indonesia dan bahasa persatuan bangsa indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari kelompok bahasa melayu.

Di Indonesia Bahasa indonesia memiliki dua kedudukan yaitu, yang pertama sebagai bahasa negara dan yang kedua sebagai bahasa nasional. Sebagai bahasa negara bahasa indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar pendidikan, alat perhubungan tingkat nasional, dan alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan sebagai bahasa nasional bahasa indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, identitas nasional, alat perhubungan antar warga, antar daerah dan antar budaya, dan juga berfungsi sebagai alat pemersatu suku, budaya dan bahasa nusantara. 

Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Ketika itu, para pemuda dari seluruh penjuru nusantara berkumpul dan berikrar, yang mana ikrar tersebut dikenal dengan sumpah pemuda yang berbunyi :

1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia

2. Berbangsa yang satu, bangsa indonesia

3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia

Dalam poin ketiga sumpah pemuda tersebut menyatakan tekad bahwa bahasa indonesia adalah bahasa persatuan bangsa indonesia.

Di tahun 1928 bahasa indonesia diresmikan kedudukannya sebagai bahasa nasional. Dan kemudian diresmikan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Dikarenakan saat itu undang-undang dasar 1945 disahkan sebagai undang-undang dasar negara republik indonesia. Dalam pasal 36 undang-undang dasar 1945 menyebutkan bahwa bahasa negara adalah bahasa indonesia.

Dalam keputusan kongres bahasa indoenesia II di medan tahun 1954, , menyatakan bahwa berdasarkan sejarah, bahasa Indonesia mempunyai akar dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sudah digunakan sebagai bahasa penghubung tidak hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan hampir di seluruh Asia Tenggara.

Bahasa melayu sendiri mulai digunakan di asia tenggara sejak abad ke-7. Hal ini dibuktikan dengan temuan prasasti  di Kedukan Bukit  yang berangka tahun 683 M (Palembang), Talang Tuwo yang berangka tahun 684 M (Palembang), Kota Kapur yang berangka tahun 686 M (Bangka Barat), dan Karang Brahi yang berangka tahun 688 M (Jambi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN