Mohon tunggu...
Annisa aliffia roiyani
Annisa aliffia roiyani Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN jember

Merendah untuk meroket

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Penting Guru dalam Hal Pemilihan Metode Pembelajaran (Belajar di Rumah)

31 Maret 2020   15:35 Diperbarui: 10 April 2020   20:22 286 10 13 Mohon Tunggu...

Pada keadaan yang seperti ini dunia telah di uji oleh virus yang sangat mematikan yaitu COVID-19. Virus tersebut menyebapkan dunia pada kali ini dilemahkan oleh virus tersebut, tidak hanya dalam hal perekonomian saja tetapi virus tersebut melemahkan sector pendidikan juga, dan menyebapkan banyak siswa yang melakukan pembelajaran di rumah saja. Dan menjadikan dunia social media membuat #dirumahsaja.

Lalu bagaimana peran kita menjadi seorang tenaga pendidik yang telah dihadapkan dengan keadaan yang seperti ini . memang sangat berat menjadi duru di keadaan yang seperti ini, tidak ada bimbingan terlebih dahulu namun tiba-tiba siswa di liburkan untuk belajar dirumah dan kita sebagai guru harus mengawasi dan membimbing jalannya pembelajaran di rumah saja. 

Mungkin di sini saya sedikit memberikan tips agar tidak terjadi kekeliruan dalam hal memberikan media dan metode pembelajaran.

1. Dengan penugasan kuis yang di buat online

Dengan menggunakan tugas ini tidak sepenuhnya optimal karena pula ini perlu di sesuikan dengan murid kelas berapa yang akan kita ajar dan pula menyesuaikan wilayah yang kita ajar juga karena tidak semua peserta didik ataupun orangtuannya memiliki signal maupun hp yang mampu untuk melakukan pembelajaran tersebut .

2.Dengan metode ZOOM

Dengan metode seperti ini juga tida sepenuhnya efektif, di sini juga perlu menentukan tepat dan pula keadaan wali murid maupun siswanya ,karena metode seperti ini tidak semua dapat menerima dengan baik.

3. Dengan membuat buku wajib belajar

Mengapa perlu seperti ini, karena metode seperti ini cocok di gunakan untuk hal apapun karena tidak memerukan teknologi, dan pula metode ini perlu berkerjasama dengan orang tua siswa tersebut .

Dan yang perlu di perhatikan dari seorang guru adalah pemilihan yang tepat, karena pengalaman dari adik saya yang  yang kesalahan metode gurunya, karena kurangnya yang informasi yang diberikan guru tersebut, mengapa demikian karena gurunya memberikan soal matematika dengan cara isai tetapi di suruh hanya jawabannya saja. 

Karena kurangnya informasi dari guru alhasil di tulis jawaban dan satunnya, lalu jawaban nya salah semua hanya karena satuannya saja yang salah. Dan dengan keadian seperti tu kita bisa memperbaiki bawasanny jika sistemnya online maka sebaiknay menggunakan pilihan ganda saja .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN