Mohon tunggu...
An Nisa
An Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kesehatan Masyarakat 2018 Universitas Diponegoro

Be quiet. Don't cry

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Herd Immunity ! Edukasi Masyarakat Nelayan Kelurahan Cilacap

28 November 2021   00:05 Diperbarui: 28 November 2021   00:25 31 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat melindungi kelompok masyarakat yang bukan merupakan sasaran vaksinasi dari virus Covid 19 yang menyerang sehingga masyarakat bisa tetap produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan upaya percepatan vaksinasi di tiap daerah, tidak terkecuali Kelurahan Cilacap ini mulai dari vaksinasi massal sampai vaksinasi door to door. Hal tersebut bertujuan untuk agar Indonesia dapat mencapai target 70% di awal tahun 2022.

Kelurahan Cilacap merupakan salah satu perkampungan nelayan yang berada di pesisir Pantai Teluk Penyu. Masyarakat nelayan dikenal memiliki watak yang keras, tegas, dan kurang pengetahuan terhadap hal baru. Terkait vaksin Covid 19, sebagian besar orang mau divaksin untuk membentuk kekebalan tubuh, ada juga karena mengikuti anjuran pemerintah, dan tuntutan kerja. Herd immunity yang menjadi tujuan utama dari adanya vaksinasi ini masih menjadi hal baru di masyarakat nelayan. Sehingga diperlukan edukasi terkait kekebalan herd immunity untuk mempercepat vaksinasi Covid 19.

Edukasi dilakukan terhadap Pengurus PKK dan Kader Posyandu yang dianggap sebagai orang berpengaruh di masyarakat. Tujuannya agar Ibu-ibu PKK maupun Kader Posyandu dapat memahami pentingnya herd immunity di masa sekarang untuk dapat mencegah Covid 19 di lingkungannya.

whatsapp-image-2021-11-27-at-23-23-58-61a25f8506310e174e307d12.jpeg
whatsapp-image-2021-11-27-at-23-23-58-61a25f8506310e174e307d12.jpeg
Antusiasme dan rasa keingintahuan mereka terlihat saat mahasiswa menyampaikan materi tentang tujuan herd immunity, dampak-dampak herd immunity saat tercapai dan tidak tercapai, syarat-syarat agar mencapai herd immunity dan pada sesi tanya jawab. Setelah Pengurus PKK maupun Kader Posyandu ini mengetahui, memahami, dan memiliki bekal pengetahuan tentang pentingnya herd immunity, harapannya mereka dapat mengajak orang disekitarnya untuk vaksin. Edukasi dengan memberdayakan Pengurus PKK dan Kader Posyandu ini dinilai lebih bisa menyentuh ke seluruh kalangan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan