Mohon tunggu...
Annisa Cahya
Annisa Cahya Mohon Tunggu... Guru - Bersama Anak anak

Hobi: Bersepeda, cooking

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Asiknya Bermain dan Belajar dengan Media Loose Parts

8 Desember 2022   06:31 Diperbarui: 8 Desember 2022   06:43 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kompasianer, taukah kamu apakah pembelajaran dengan media Loose Parts itu ? 

Yuk kita simak bersama, Namun sebelum kita mengenal media Loose part, saya akan sedikit bercerita. Pada tahun ajaran baru 2022/2023 tepatnya bulan Juli 2022 kemarin saya mengajak anak -- anak pada kelompok B di TK Al Hidayah Duren untuk mengenal huruf dengan media Loose part. Alat yang saya siapkan yaitu kertas yang sudah bertuliskan simbol huruf abjad dan batu warna warni.

Untuk cara bermainnya, anak -- anak mengambil satu lembar kertas yang bertuliskan simbol huruf  kemudian anak -- anak menyusun batu -- batu itu di atas symbol huruf tersebut . Selain untuk mengenalkan huruf anak juga bisa mengenal angka atau membuat berbagai bentuk dengan media loose parts loh, kegiatan ini membuat anak -- anak senang dan dapat meningkatkan kreativitas anak.

Demikian sedikit cerita tentang pengalaman saya dan anak -- anak bermain dengan media Loose parts. Berikut penjelasan tentang Media Loose Parts teman -- teman kompasianer.

Media pembelajaran Loose parts adalah bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Loose parts menciptakan kemungkinan kreasi tanpa batas dalam aktifitas pembelajaran dan mengundang kreativitas peserta didik.

Dengan media Loose part ini pembelajaran anak usia dini akan lebih menyenangkan, bervariatif, kretatif dan ramah lingkungan. Anak akan menuangkan kreatifitas dalam dirinya dengan media loose parts ini. Anak -- anak dapat mengembangkan imajinasinya masing -- masing. Bahan untuk media Loose parts pun mudah di temukan seperti ( batu, biji -- bijian, ranting, daun, sedotan, manik -- amin ) dan masih banyak lagi.

Permainan loose parts ini bisa dimainkan di sekolah atau pun di rumah loh, namun guru dan orang tua tentunya memiliki peran penting dalam permainan ini, selain dalam mempersiapan dan mendampingi anak selama bermain dan belajar guru dan orang tua juga memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun