Mohon tunggu...
Ansara
Ansara Mohon Tunggu... wiraswasta -

Suka Musik, Sejarah dan Fotografi FB Annie Sabri, Twitter @4nsar4

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

10 Video Rock dan Metal Terlaris di Youtube Guns N Roses Masih Perkasa

27 Oktober 2014   18:59 Diperbarui: 17 Juni 2015   19:33 1339 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_369663" align="aligncenter" width="560" caption="System Of A Down (SOAD) band Metal Alternative Armenia-Amerika ini masuk daftar Top 10 walaupun lagu Chop Suey sempat dilarang karena dituduh ada ajakan untuk bunuh diri,  sumber foto fanart.tv "][/caption]

Agak sulit mencari lagu aliran Rock dan Metal terpopuler di youtube diantara ratusan video yang jumlah penontonnya minimal 100 juta karena sejak 10 tahun lalu industri musik dunia cenderung didominasi oleh aliran pop, hip hop dan dance. Saat ini band beraliran rock dan Metal seakan terpinggirkan dan  Youtube dikuasai oleh para penyanyi pop seperti Rihanna, Justin Bieber, Eminem, Katy Perry, Jeniffer Lopez, Shakira, Beyonce, Miley Cirus, Taylor Swift, Lady Gaga atau para DJ seperti Calvin Haris, Avicii, David Gueta, dll.

Bahkan dari daftar 10 video musik terpopuler di Youtube sepanjang masa,tidak ada satupun band Rock atau Metal yang mampu menyaingi popularitas para penyanyi  pop saat ini. Selera masyarakat sekarang tampaknya lebih suka jenis musik yang easy listening, ringan, lirik mudah diingat, irama yang menghentak walaupun dari segi kualitas jauh dibandingkan lagu karya musisi rock dan Metal terutama yang sudah punya nama di dunia musik.

Contohnya video "Gangnam Style" Psy lebih laris di youtube dibandingkan video dari Red Hot Chili Peppers, Linkin Park, Rolling Stones, Serj Tankian (vokalis System of a Down) padahal video Psy dan musisi Rock /Metal itu sama-sama dirilis tahun 2012 hanya beda bulan. Hingga saat ini Video Psy masih nomer 1 di Youtube dilihat lebih 2 milyar kali sementara video para musisi aliran keras itu paling top dilihat 6 juta kali Serj Tankian - Harakiri) padahal dari segi kualitas lirik, musik dan suara vokalis, jauh bagaikan bumi dan langit.

Masa keemasan band Rock dan Metal mulai pudar bahkan beberapa karya masterpiece dari grup band legendaries seperti Queen, Rolling Stones, Led Zeppelin, Deep Purple dll videonya dilihat paling banyak sekitar 100 Juta kali, contohnya "Stairway to Heaven" karya Led Zeppelin dilihat 85 juta kali dan "Bohemian Rhapsody" Queen dilihat 109 juta kali.

1414385608440389187
1414385608440389187
Linkin Park tempatkan 2 videonya di TOP 10, foto fanpop.com

Tapi ada yang menarik ternyata ditengah derasnya gempuran aliran Pop, Dance, ada 2 band Rock yang mampu meraih nyaris 500 juta penonton di youtube, mereka adalah Band beraliran Pop Rock asal Amerika OneRepublic lewat lagu "Counting Stars" dilihat hampir 500 Juta kali dan "Let Her Go" yang dinyanyikan oleh Passenger band beraliran Folk Rock asal Inggris dilihat sekitar 430 juta kali. Sementara itu band Rock asal Inggris Coldplay berada diposisi 3 lewat video dilihat sekitar 321 Juta kali.

Kejutan lainnya adalah band Indie Rock Alternative, Imagine Dragons yang popularitasnya melesat secara cepat ketika single kedua mereka "Radioctive" dirilis tahun 2012 dan berhasil merajai Billboard Rock Charts bahkan majalah Rolling Stone memilih lagu tersebut terpilih sebagai "The Biggest Rock Hit of The Year." Imagine Dragons juga menyabet penghargaan Grammy untuk kategori "Best Rock Performance" dan hingga saat ini video "Radioactive" sudah dilihat sekitar 244 Juta kali.

Sementara itu Metallica, band Metal paling ngetop didunia ternyata tidak ada satupun videonya yang dilihat lebih dari 100 juta kali, masih kalah oleh band Metal Alternative, System of a Down dengan lagu "Chop Suey" yang dilihat sekitar 223 Juta kali. Video Metallica seperti "One" dilihat 80 juta dan "Enter Sandman" 70 juta kali.

Dari daftar Top 10 video terlaris, Linkin Park berhasil menempatkan 2 lagu sekaligus bersaing ketat dengan Nirvana. Daftar lengkap 10 video Rock dan Metal terlaris di Youtube bisa lihat dibawah ini.

1. OneRepublic - Counting Stars dilihat 499,952,689

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan