Mohon tunggu...
Anna Luthfiya
Anna Luthfiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo saya Anna hoby saya traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Politik

24 Agustus 2022   19:50 Diperbarui: 24 Agustus 2022   20:13 129 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3 Peran Penting Mahasiswa dalam Pembangunan Politik pada Era Siciety 5.0

Kehidupan sosial setiap orang akan selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut akan menjadi dasar pengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat, baik dari segi sosial maupun perilaku. Seiring dengan berkembangnya zaman maka gaya hidup dan pola perilaku masyarakat pun akan ikut mengalami perubahan. 

Perubahan yang di sebabkan oleh perkembangan zaman ini akan berlangsung secara berkesinambungan. Perubahan-perubahan yang dialami masyarakat juga dapat mempengaruhi nilai-nilai, pola-pola, norma-norma, sosial, organisasi, susunan kelembagaan yang ada dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan lain sebagainya.

Perkembangan teknologi yang disebabkan globalisasi juga memiliki pengaruh besar dalam masyarakat, Era Society 5.0 atau masyarakat 5.0 adalah merupakan suatu konsep dimana bergabungnya manusia dengan teknologi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah sosial yang nampak jelas terjadi dalam masyarakat yang terjadi dalam dunia maya maupun nyata.

Di Indonesia sendiri kehidupan sosial menjadi salah satu fenomena yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu setiap elemen masyarakat seharusnya saling peduli dan mampu menyikapi perubahan sosial yang sedang terjadi. Salah satu elemen penting dalam masyarakat adalah mahasiswa. 

Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemegang estafet pemerintahan kedepannya. Mahasiswa yang sebagai elemen penting masyarakaat dituntut memiliki jiwa dan karakter yang baik, dimana mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa akan menjadi agent of changes atau agen perubahan di bangsa ini. 

Perubahan kearah yang lebih maju ataupun semakin mundur itu ada di tangan mahasiswa. Peran mahasiswa sebagai agen perubahan pada era society 5.0 tentunya sangat berbeda dengan mahasiswa pada tahun 2000an. 

Berikut merupakan 3 peran penting mahasiswa dalam dunia politik Indonesia:

1. Generasi Penerus Bangsa

Mahasiswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang menggantikan generasi sebelumnya, karena mahasiswa adalah manusia tangguh yang memiliki akhlak mulia dan di didik menjadi masyarakat yang berguna bagi semua orang. Maka dengan itu mahasiswa harus memiliki nilai integritas yang tinggi serta berfikiran kritis untuk membangun bangsa Indonesia ini.

2. Penjaga Nilai-Nilai Luhur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan