Mohon tunggu...
Anna FitrohTunnisa
Anna FitrohTunnisa Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Informasi dan perpustakaan. Hobi fotografi tapi lagi sering nulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

27 Mei 2019   17:01 Diperbarui: 27 Mei 2019   17:20 920
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

UU NO 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) pasal 3 menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bemartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (elsam.or.id).

Perkembangan pendidikan selalu beriringan dengan  perkembangan revolusi industri 4.0. Contoh yang terjadi yatu dengan teknologi komputasi yang tanpa batas.

Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah melaksanakan peta jalan Making Indonesia 4.0. salah satu targetnya yaitu menjadikan indonesia masuk dalam 10 besar negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030 (kemenperin.go.id).

Bagaimana caranya? Dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia sendiri. Rencananya Indonesia merombak kurikulum pendidikan yaitu lebih menekankan sistem STEAM (Science, Technology, Engineering, the Arts, and Mathematices).

Sekarang ini, peserta didik dituntut memiliki ketrampilan abad 21 meliputi 4Cs yaitu Creativity, critical thingking, communication dan collaboration. Tidak hanya peserta didik, pengajarpun harus siap menghadapi ini. Bagaimana mungkin peserta didik memiliki ketrampilan  tersebut jika dari pihak pengajar belum siap.

Maka dari itu sistem pembelajaranya pun harus disesuaikan, salah satunya yaitu melalui blanded learning.

Kenapa Blanded Learning? karena blanded learning memiliki beberapa kelebihan yaitu efektifitas, kemudian dengan blanded learning maka waktu yang digunakan untuk belajar oleh peserta didik akan lebih lama sehingga peserta didik akan lebih siap memenuhi standarnya.

Jadi dalam mengahadapi era rovolusi industri 4.0 di bidang pendidikan untuk mewujudkan cita-cita making indonesia 4.0 harus ada wujud nyata dan dan usaha keras untuk bisa merealisasikanya.

Sumber Referensi
BIBLIOGRAPHY Eki Risdianto, M. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. 1-16.
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution.
kemenperin.go.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun