Mohon tunggu...
Anjik Setiawan
Anjik Setiawan Mohon Tunggu... Seorang relawan sosial

Menulis cerita dan gagasan dengan sudut pandang yang yang membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kegembiraan Qurban di Desa Plosok Saat Pandemi

8 Agustus 2020   10:49 Diperbarui: 8 Agustus 2020   10:57 28 2 0 Mohon Tunggu...

Peningkatan peng Qurban untuk disalurkan ke Desa Plosok tahun ini meningkat, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebanyak 50% lebih, memberikan kegimbaran kepada desa-desa plosok yang selama ini jarang mendapatkan daging qurban."Trimakasih telah menyalurkan qurban ditempat kami. Karena selama ini tidak pernah ada Qurban sapi di tempat kami, sekali lagi trimakasih" Ungkap salah satu ta'mir masjid menyampaikan kepada kami, sambil menangis.

Ditempat lain, para warga rela menuntun sapi pemberian kami. Karena untuk menuju desanya, harus melewati jalan setapak wilayah tambak-tambak di daerah Jabon Sidoarjo. Sudah lama tidak ada peng Qurban sapi disana. Mereka tuntun ramai-ramai, dengan suka cita. Mengungkapkan rasa syukur ada pengqurban di desanya tahun ini.

Sebelumnya kami memprediksi. Karena ada penurunan daya beli masyarakat, karena pandemi. Ternyata tidak, di pandemi ini pegqurban lebih memilih untuk menyalurkan hewan qurbannya kepada lembaga-lembaga sosial, seperti NH Zakat Kita.

Karena ada himbauan dari pemerintah. Untuk melakukan protokoler secara baik ketika penyembelihan hewan Qurban. Agar tidak ada penularan Covid-19 disana.

Bagi masjid yang tidak mampu menjalankan protokoler yang sudah di tentukan, para takmir memilih untuk berkolabirasi dengan Lembaga Amil Zakat seperti kami. Selain untuk memfasilitasi jamaahnya, dengan berkolaborasi pembagian daging hewan qurban diterima oleh orang-orang yang lebih tepat.

Selain itu, mereka bisa memilih hewan qurbannya di kandang.id, sebuah platform yang memfasilitasi membeli hewan qurban secara online. Disana tertera berat hewan dan foto besar hewannya. Yang bisa dibantu menyalurkan ke desa plosok, maupun dikirim ke masjid yang dituju.

membantu meminimalisasi transaksi tatap muka. Selain itu, mereka bisa membeli dengan paket plus sembelih dan pengemasan. Sehingga takmir tinggal membagikan ke jamaahnya tanpa repot-repot ada mengumpulkan masa untuk mengurus hewan qurban.

Insya Allah, ini akan menjadi tren baru yang positif. Untuk memeratakan daging qurban sampai desa-desa yang membutuhkan. Tidak menumpuk di masjid-masjid yang berada dikota. Yang hewan qurbannya bsa sampai puluhan sampai ratusan ekor.Itupun jeroan tidak diolah dengan baik, seringnya dibuang. Padahal disaat kami menyalurkan ke desa-desa yang membutuhkan, disana semua diolah dengan baik dan turut dibagikan.

Semoga Idhul Qurban tahun ini menjadi hikmah. Agar hewan Qurban di kota sebagian disalurkan ke desa-desa plosok. Memberikan kegembiraan warga kurang mampu disana.

Salam dari kami, Relawan desa plosok yang menunggu hewan qurbanmu lagi disana.

VIDEO PILIHAN