Mohon tunggu...
Anjelita Nur Isiami
Anjelita Nur Isiami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa Jurusan Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hamidiyah Jakarta

Anjelita Nur Isiami, yang lebih dikenal dengan nama Lita. Perempuan kelahiran Depok, mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hamidiyah Jakarta. Saat ini menyibukan diri dengan dunia perkuliahan, organisasi, dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

4 Permainan PDKT dengan Adik Mentoringmu

2 November 2022   00:01 Diperbarui: 2 November 2022   17:58 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

4 Permainan PDKT dengan Adik Mentoringmu

Pada saat ini, mentoring rohani islam telah umum diketahui banyak orang, terutama di sekolah dan dunia perkampusan. Mentoring sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya membimbing atau memandu suatu kegiatan. Orang yang membimbing mentoring disebut mentor, dan orang yang dibimbing disebut mentee.

Pada artikel ini, saya akan membagi pengalaman saya ketika menjadi pementor di SMA mengenai bagaimana sih caranya dekat dengan mentee dan lebih mengenalnya. Mau dekat dengan adik mentoring? Yuk ikuti 4 cara beikut ini! dijamin akan menyenangkan dan seru.

1. Permainan Pesawat Terbang

Dokpri
Dokpri

Permainan pertama yang cocok kamu mainkan adalah pesawat terbang. Caranya, siapkan 1 lembar kertas kosong dari buku tulis untuk setiap mentee. Lalu isi kertas dengan makanan atau minuman yang paling disukai dan tidak disukai. Kertas boleh diisi dengan topik lain, misalnya cita cita mereka. kemudian bentuk kertas menjadi pesawat terbang.

Saya sarankan pementor juga ikut dalam membuat pesawat terbang, agar para mentee juga lebih mengenal dirimu. Bentuk mentoring biasanya melingkar, jadi dalam hitungan mundur, luncurkan masing-masing pesawat terbang ke arah depan, dan terus luncurkan kembali pesawat terbang yang mendarat di dekatmu selama 10 detik. Jika sudah berjalan 10 detik, ambil satu pesawat tebang di dekatmu dan bacakan satu persatu kertas secara bergiliran.

Pada Permainan ini, kita dapat mengambil hikmah loh! Sebagai pementor, kamu bisa menjelaskan arti dibalik permainan ini yaitu ketika kita saling mengingat terkait hal kecil yang disukai satu sama lain, maka kita dapat saling menghargai dan menjadi langkah awal agar menjadi dekat satu sama lain.

2. Kertas First Impression

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun