Mohon tunggu...
Anjelia Nur
Anjelia Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Anjelia, saya lahir di kabupaten Sragen pada tanggal 22 Mau 2004. Hobi saya membaca dan mencari hal hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pemanfaatan Galon Bekas sebagai Media Tanam yang Praktis

3 November 2022   09:05 Diperbarui: 3 November 2022   09:08 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 01. Contoh pemanfaatan galon bekas (Dokpri)

      

 Seperti yang kita ketahui sekarang, banyak galon galon bekas sekali pakai yang bertebaran dimana-mana. Hal ini apabila dibiarkan begitu saja, dapat meyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Tak sedikit dari kalangan masyarakat yang berinovasi untuk memanfaatkan adanya limbah galon bekas ini. Kebanyakan dari masyarakat memanfaatkannya untuk media bercocok tanam (sebagai POT) sayuran, tanaman hias dan lain sebagainya. Karena memanfaatkan limbah galon bekas didaur ulang menjadi POT merupakan  hal yang cukup mudah simple dan dapat mempercantik taman di pekarangkan rumah.  

Memanfaatkan galon bekas sebagai media bercocok tanam merupakan sebuah solusi baik untuk mengurangi terbentuknya limbah di alam yang dapat menimpulkan dampak negative bagi lingkungan dan kehidupan di bumi.

Adapun tatacara, bagaimana memanfaatkan galon bekas untuk media bercocok tanam, Langkah-langkah berikut merupakan cara yang paling umum dan mudah di lakukan, yaitu dengan: pertaman-tama siapkan tanah yang telah di campur dengan pupuk dan air serta galon bekas yang tersedia di rumah atau sekitar tempat tinggal. 

Kedua potong bagian atas galon (kurang lebih ) dan beri lubang di bawah dan samping-samping galon bekas. 

Ketiga masukkan sebayak kurang lebih  tanah yang telah dicampurkan dengan air dan pupuk kedalam galon bekas yang telah di potong. 

Keempat, masukkan/ taman tumbuhan yang hendak saudara tanam. 

Kelima, masukkan tanah samapi menutupi akar tumbuhan yang ditaman dan siram dengan air. Tanah yang baik untuk  tanaman yaitu tanah yang mengandung bahan- bahan organic, bahan- bahan anorganik, air dan udara yang cukup.

Mudah bukan .... :) 

Pemanfaatan galon bekas untuk media tanam adalah hal yang mungkin di anggap remeh oleh sebagian orang awam. Namun, hal ini mampu mengurangi pembentukan limbah yang dapat menganggu ekosistem di bumi, mengurangi pembentukan pencemaran lingkungan akibat limpah plastic yang berlebih dan telah kita bahwa kelatahui limbah plastic mampu terurai selama 50-100 tahun lamanya. Dan pengunaan limbah galon bekas sebagai media cocok tanam juga lebih ekonomis, karena tidak perlu membeli POT untuk menunjang media penanaman.

Nahh... bisa dilihat pada Gambar 01 diatas merupakan contoh dari pemanfaatan limbah galon bekas yang sering kita jumpai di sekitar kita dan sering kita anggap remeh oleh sebagian orang. Ternyata dapat dimanfaatkan untuk media penamanan. Selain berdapak depan mengurangi limbah plastic yang bertebaran di bumi, memanfaatkan galon bekas sebagai media tanam secara tidak langsung juga mendukung adanya gerakan penghijauan bumi, karena kita telah menaman tumbuhan yang mampu memberikan oksigen yang sehat untuk kita hirup. Jadi manfaatkan dengan baik agar kita juga mendapat manfaat dari hal- hal baik yang kita lakukan.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun