Mohon tunggu...
Anjani Okta Azzahra
Anjani Okta Azzahra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia

Halo perkenalkan saya mahasiswa dari Universitas Al Azhar Indonesia. Saat ini menjalankan kuliah pada bidang Media dan Jurnalisme

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Promo Rutin Tanggal Cantik, Pengguna Shopee Meningkat

20 Januari 2021   17:03 Diperbarui: 20 Januari 2021   17:06 1731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Shopee adalah sebuah aplikasi online shopping yang pertama kali diluncurkan di Singapur hingga kini menyebar hampir ke seluruh asia salah satunya Indonesia. Tak dapat dipungkiri Shopee menjadi salah satu aplikasi yang dapat menggeser Tokopedia. Dalam laporan yang dirilis oleh iPrice belum lama ini, Shopee berhasil menggaet pengguna bulanan terbanyak lebih dari 93 juta orang, di bawahnya terdapat Tokopedia dengan total 86 juta.

Peningkatan penggunaan Shopee di karenakan adanya promo setiap bulan nya, seperti 10.10, 11.11, 12.12. Selalu memberi barang-barang yang awalnya harga cukup tinggi maka saaat promo harga tersebut bisa sangat miring. Seperti yang heboh saat 11.11 2020 kemarin, dimana sekelompok anak muda mendapat 4 Iphone dengar harga 2 ribu untuk masing-masing iphone. Adapun saat 12.12 2020 kemarin, shopee menutup tahun dengan menempatkan harga 12 ribu ke setiap barang yang di promokan.

Tak hanya itu, promo 11.11 tahun lalu shopee mengundang  boygroup ternama dari Korea Selatan yaitu Stray Kids dan menjadikannya brand Ambasaddor baru. Dilansir dari Kompas.com, direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, pihaknya resmi memilih Stray Kids sebagai brand ambassador terbarunya, berangkat dari tingginya animo pengguna Shopee akan K-Pop. Sehingga munculah inisiatifnya untuk menghadirkan kolaborasi bersama Stray Kids, sebagai boyband K-Pop yang telah mengantongi segudang prestasi sejak debut di awal tahun 2018. Tentu banyak penggemar K-pop untuk berbondong-bondong mendownload aplikasi ini agar dapat menonton Stray Kids, hal itu menjadikan adanya peningkatan terhadap pengguna Shopee.

"Kami percaya, komitmen kami dalam memberikan inovasi dan pengalaman terbaik dalam belanja online tidak luput dari masukan dan permintaan para pengguna kami. Kami melihat bahwa Stray Kids merupakan representasi yang sesuai dengan nilai dan karakter Shopee yang muda, kreatif, dan penuh semangat," ujarnya mengutip siaran persnya, Jumat (6/11/2020).

Pada promo sale 12.12, Shopee juga kejutkan penggemar K-pop dengan mengundang boygroup terkenal lainnya yaitu Got7. Dalam perayaan 12.12, Got7 menampilkan beberapa lagu,bermain game bahkan para member telah menyiapkan nama Indonesia mereka sendiri seperti Bambam (Bambang), J.B. (Januar), Mark (Malik), Jackson (Jaka), Youngjae (Yosi) Jinyoung(Iyo), Yugyeom (Yoga).

Selain itu, dilansir dari survei Snapchart bahwa Shopee menduduki peringkat pertama sebagai marketplace yang paling banyak menyediakan keperluan wanita seperti fashion dan kecantikan sehingga tak heran bila pengguna Shopee didominasi oleh para wanita karena wanita lebih banyak berbelanja keperluan kecantikan, ibu dan anak, kebutuhan rumah tangga, serta pakaian (Eka, 2018). Selain menjadi marketplace favorit wanita, Shopee juga menjadi salah satu marketplace terfavorit bagi para milenial (remaja)

Remaja menunjukkan eksistensi mereka sebagai anak muda melalui gaya berpakaian, dandanan, gaya rambut, tingkah laku, genre musik, pola belanja, berkumpul, serta berpesta (Monks dkk, 1992). Masa remaja juga merupakan masa untuk mulai mencari identitas diri, sehingga pada tahap ini seseorang akan lebih mudah terpengaruh oleh berbagai hal di sekelilingnya, baik hal positif maupun negatif. Maka dari itu akan cepat nya terpengaruh pada Promo yang shopee tawarkan ditambah dengan harga yang sangat miring dan dengan adanya idol K-pop.

Banyak nya remaja yang teracuni oleh promo shopee ini, salah satunya anak muda bernama Ameliyani Dewi yang mengaku sangat menyukai promo-promo yang shopee berikan

"Shopee tuh gampang transaksinya, terus juga harga barang kalo ada promo murah banget. Suka ada potongan juga gitu jadi suka aja pakai shopee" Ujarnya

Di lain tempat saya coba mewawancarai dua anak remaja yang bernama Enisa dan Alifia yang juga mengaku menggunakan aplikasi Shopee karena adanya potongan menarik dan ditambah Shopee menggait K-pop star.

"Iya jadi sering pake shopee karena dia gait Stray Kids, soalnya aku fans kpop terutama Stray Kids. Jadi kemaren ada beberapa promo yang pake nama Stray Kids , aku akhirnya jadi semangat belanja" Ujar Alifia gadis 20 tahun tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun