Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pemimpin Besar Vietnam akan Mengunjungi RI untuk Memperkuat Ikatan Strategis

22 Agustus 2017   05:25 Diperbarui: 22 Agustus 2017   05:40 2255 0 0 Mohon Tunggu...

Veeramalla Anjaiah

Wartawan Senior

Indonesia memiliki kemitraan strategis dengan negara-negara besar seperti Amerika Serikat, China dan India. Namun Indonesia hanya memiliki satu kemitraan strategis dengan satu negara anggota ASEAN. Apakah Anda tahu negara mana?

Tak lain lagi, negara tersebut adalah Vietnam. Vietnam dan Indonesia di tahun 2013 setuju untuk membangun sebuah kemitraan strategis.

Dalam rangka memperdalam dan memperkuat kemitraan strategis ini, pemimpin partai Vietnam yang berkuasa Nguyen Phu Throng, pemimpin yang paling kuat dan terkenal di Vietnam, akan mengunjungi Indonesia dari tanggal 22 Agustus hingga 24 Agustus.

Kunjungan bersejarah yang berlangsung selama tiga hari tersebut, yang juga akan menjadi kunjungan pertama ke Indonesia oleh sekretaris jenderal Partai Komunis Vietnam, direncanakan untuk membuka lembaran baru dalam hubungan pertemanan kedua negara yang berusia lebih dari enam dekade ini. Seperti di China, sekretaris jenderal partai yang berkuasa di Vietnam memiliki kekuatan yang lebih besar daripada presiden dan perdana menteri negaranya.

Selama kunjungannya, Nguyen, yang telah menjadi pimpinan partainya sejak 2011, akan bertemu dengan Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo, beberapa menteri dan pengusaha serta pimipnan politk dan mendiskusikan segala hal yang berkaitan dengan hubungan  bilateral. Kunjungan ini akan mencermikan ikatan strategis yang bertumbuh antara kedua bintang Asia Tenggara yang sedang naik daun.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Indonesia memiliki kemitraan strategis hanya dengan Vietnam di ASEAN?

Indonesia menganggap Vietnam sebagai suatu negara penting yang memiliki potensi besar dan kepentingan strategis di Asia Tenggara. Mungkin, Vietnam adalah negara Asia Tenggara satu-satunya yang berjuang melawan semua negara besar global seperti Perancis, AS dan China (berkali-kali Vietnam mengalahkan pasukan China dalam persaingan historis antara Vietnam dan China selama lebih dari seribu tahun) dan mengalahkan mereka.

Indonesia menaruh kepercayaan strategis kepada Vietnam karena Vietnam dapat bertindak sebagai  benteng melawan pengaruh China yang bertumbuh sangat pesat di Asia Tenggara dan ketegasan di Laut China Selatan (LCS).

Di sisi lain, Vietnam melihat Indonesia sebagai pemimpin de facto ASEAN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x