Mohon tunggu...
Anita Farahiya
Anita Farahiya Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Keajaiban Berdoa

16 November 2017   11:33 Diperbarui: 16 November 2017   11:43 1112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi gambar: takbir.net

Berdoa adalah bentuk permohonan, permintaan makhluk terhadap tuhannya yang waktunya bisa dilakukan kapan saja dimanapun dan dalam kondisi apapun tetapi dengan menggunakan adab. Allah telah berfirman dalam Al-Qur'an yang berbunyi udunii astajiblakumyang mempunyai arti berdoalah kepadaku (Allah) maka aku akan mengabulkannya. 

Dalam potongan ayat tersebut sudah sangat jelas bahwa Allah telah memerintahkan kita untuk berdo'a hanya kepada-Nya. Bukan kita harus meminta selain kepada-Nya seperti meminta pada matahari,pohon sesajen dan masih banyak lagi. Kadang manusia mudah untuk menyerah saat do'anya belum terkabul. Bukannya Allah tidak mau mengabulkan do'a yag kita panjatkan meainkan Allah tahu apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Jika kita mau berfikir sebenarnya Allah telah memenuhi kebutuhan yang benar-benar kita butuhkan, hanya saja kadang kita kurang bersyukur. Keajaiban berdoa memang mampu merubah hidup kita jika kita mau bersungguh- sungguh meminta kepada-Nya. 

Seperti yang saya alami akhir-akhir ini. Pada bulan September dan Oktober ini perekonomian orangtua saya sedang tidak stabil dan pastinya untuk mengirim uang ke saya yang sedang mencari ilmu di salah satu universitas di Malang kesulitan. Tapi saya disini tetap sabar untuk menantinya, meminimalisir kebutuhan hidup terutama makan. 

Hanya saja saya memohon kepada Allah dengan kata-kata seperti ini "Ya Allah, jika memang ini jalanku untuk lebih dekat dengan-Mu maka permudahkanlah dengan sesuatu yang sulit". Setiap hari saya selalu mengucapkan kalimat itu setelah saya melaksanakan solat. Dan tidak saya pernah saya sangka pada bulan November ini saya mendapatkan beasiswa pada salah satu yayasan di Jakarta selama saya melakukan mencari ilmu dan tidak ada batas ketentuan waktunya. 

Tentu semua itu juga membutuhkan usaha dan berikhtiar dengan cara berdo'a. Terkadang manusia lupa kepada Allah jika mendapatkan kebahagiaan atau kesenangan sesaat tapi selalu bersedih dan meminta-minta kepada Alla saat terkena musibah. Berusahalah untuk selalu meminta kepada-Nya dalam kondisi apapun. Gantungkan semua niat dan tekad kita hanya kepada Allah buakn untuk manusia. Karena dengan mendekatkan diri kepada Allah akan mendapatkan kepastian yang sesungguhnya. Untuk hidup kita, gantungkan semuanya hanya kepada Allah dengan cara terus berkomunikasi kepa-Nya melalui berdoa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun