Mohon tunggu...
Anita Hadi Saputri
Anita Hadi Saputri Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang ibu | Freelancer

Freelancer | Tertarik pada film, buku dan komik

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Shin Dae Ryuk dari Today's Webtoon Berhak Dapat Kisahnya Sendiri

3 September 2022   19:08 Diperbarui: 4 September 2022   07:13 437 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Drama Korea Today's Webtoon telah mencapai babak akhir. Drama tersebut menceritakan tokoh utama On Ma Eum yang berhenti dari karirnya di olah raga judo dan beralih profesi menjadi pekerja di perusahaan webtoon Neon. Selain On Ma Eum, ada beberapa tokoh pendamping lain yang juga layak mendapat kisahnya sendiri, salah satunya adalah artis Shin Dae Ryuk.

Suatu kompetisi bertema kemah wbtoon diadakan oleh Neon untuk menjaring bakat-bakat baru. Di kompetisi inilah On Ma Eum pertama kali mengenali bakat Shin Dae Ryuk. 

Meskipun gambar webtoon Shin Dae Ryuk tidak cukup baik untuk dijadikan webtoon tapi On Ma Eum merasa alur cerita yang dibuatnya sangat kuat. Sempat berbeda pendapat dengan tim webtoon lain, namun pada akhirnya Shin Dae Ryuk diputuskan lolos tahap awal untuk mengikuti kemah webtoon. Shin Dae Ryuk yang saat itu bekerja sebagai pengurus jenazah di rumah sakit terkejut dan bahagia menerima berita itu.

Di acara kemah webtoon Shin Dae Ryuk menunjukkan kemampuannya. Ia berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Meskipun sempat ada insiden tidak menyenangkan, Shin Dae Ryuk berhasil memukau para juri dengan ceritanya yang kuat. Salah satu juri itu adalah komikus senior Baek Eo Jin. 

Baek Eo Jin merasa Shin Dae Ryuk memiliki bakat natural sebagai komikus, hanya saja gambarnya perlu diperbaiki. Baek Eo Jin kemudian menawarkan Shin Dae Ryuk untuk menjadi asistennya dan belajar menggambar dibawah bimbingannya. Namun Shin Dae Ryuk menolak dengan alasan ia hanya ingin membuat webtoon dan tidak berpikir ingin menjadi seseorang yang pintar menggambar.

Kemah webtoon berakhir. Setelah melalui perdebatan alot, akhirnya diputuskan Shin Dae Ryuk masuk dalam daftar komikus baru yang karyanya layak diterbitkan oleh Neon. 

Dengan satu syarat ia harus menjadi asisten Baek Eo Jin dan belajar menggambar darinya. Shin Dae Ryuk awalnya ragu dan menolak. Tapi setelah dibujuk oleh On Ma Eum, dia mengubah pikirannya. On Ma Eum berjanji akan menjadi penggemar pertama webtoon nya jika nanti diterbitkan.

Dari sinilah karakter Shin Dae Ryuk mulai berkembang dengan menarik. Ternyata dibalik sikap tertutupnya Shin Dae Ryuk menyimpan rahasia yang kelam. Dia pernah menjadi korban kekerasan saat masih kanak-kanak. Bahkan lehernya pernah dirantai dan ia dikurung dalam sebuah kamar yang sempit. Disitulah ia menemukan komik yang menjadi satu-satunya penghibur. Karana alasan tersebut Shin Dae Ryuk sangat mencintai komik dan webtoon.

Bekerja dengan Baek Eo Jin membuat gambarnya membaik. Disana ia juga berinteraksi dengan banyak orang yang mendukungnya, suami istri Baek, sesama asisten dan tim webtoon Neon yang selalu ada untuk membantunya. Ia menemukan keluarga.

Tak perlu waktu lama bagi Shin Dae Ryuk untuk debut. Dan siapa sangka webtoon pertamanya langsung memasuki peringkat tiga besar webtoon Neon. Shin Dae Ryuk sangat terharu, begitu pula dengan On Ma Eum. Kerja keras keduanya terbayarkan dengan istimewa.

Penonton berharap akan ada kisah romantis antara tokoh utama dengan Shin Dae Ryuk. Namun sepertinya hal itu tidak akan terjadi. Di episode ke-11 On Ma Eum membantu Shin Dae Ryuk pindah rumah. Ia menghadiahkan dream catcher agar Shin Dae Ryuk dapat mimpi indah dan tidur dengan nyenyak setiap hari. Sehingga keesokan harinya ia bisa membuat webtoon yang akan disukai banyak orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan