Mohon tunggu...
anita putri
anita putri Mohon Tunggu... swasta

seorang yang sangat menyukai musik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sekolah, Role Model bagi Adab Generasi Muda

27 Februari 2019   22:58 Diperbarui: 27 Februari 2019   23:30 0 1 0 Mohon Tunggu...
Sekolah, Role Model bagi Adab Generasi Muda
hatmanet

Mungkin dari kita pernah mendengar peribahasa lawas : Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Peribahasa itu masih relevan bila dikaitkan dengan perkembangan zaman sekarang, khususnya bidang pendidikan dan harapan kita pada generasi muda yang akan menjadi penerus kita.

Nilai-nilai yang ditransformasikan akan meluncur dan berada di benak mereka dengan baik. Dengan nilai-nilai itu nantia dia akan tumbuh dan menjadi bekal yang baik untuk mengarungi kehidupan yang harus mereka jalani. Karena kehidupan seringkali tidak seindah yang kita bayangkan, atau sesedih yang ditayangkan di sintron-sinetron layar kaca.

Peribahasa itu layak kita perhatikan bukan untuk memojokkan sistem pendidikan tetapi sadar bahwa apa yang diajarkan di sekolah akan selalu tertanam dengan baik di benak anak-anak kita. Baik ajaran-ajaran guru di sekolah maupun orang tua di rumah.

Karena apa yang dilakukan oleh seorang guru biasanya ditiru atau dicontoh secara nyata oleh para muridnya. Malah terkadang murid melakukan itu lebih dari yang dilakukan oleh gurunya. Begitu juga pejabat yang memutuskan sesuatu yang salah pasti jadi role model bagi para karyawannya.

Padahal untuk menjadi role model perlu keagungan sikap dari sang role model itu. Dia juga harus punya sikap konsisten terhadap sikap positif , optimisme, kejujuran, sopan santun dan hal-hal positif lainnya. Seperti rasa positif terhadap keputusan pemerintah, terhadap kebinekaan yang telah ada berpuluh-puluh tahun lamanya, Dan sebagainya.

Hal-hal yang bersifat positif itu sama dengan membangun peradaban yang baik bagi bangsa dan Negara. Peradaban yang baik sangat diperlukan agar bangsa bisa melakukan pembangunan demi kesejahteraan rakyatnya. Rakyat akan bertaraf hidup yang baik jika bangsa dan Negara punya peradaban yang baik pula.

Karena itu, pendidikan perlu guru dan insan yang punya latar belakang pemikiran yang baik, visi yang baik sampai misi yang baik. Karena  selain keluarga, guru memang berperan bagi pembentukan akhlak anak atau murid ke depan. Suasana sekolah harus kondusif dan beraura positif agar bisa menghasilkan produk yang baik bagi bangsa dan Negara.

Sekolah adalah role model sempurna bagi generasi muda. Karena itu butuh penguatan untuk menjadikannya layak bagi kemajuan bangsa. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x