Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Borobudur, Lebih dari 200 Relief Ternyata Menampilkan Lebih dari 60 Jenis Alat Musik

11 Mei 2021   21:49 Diperbarui: 11 Mei 2021   22:02 886 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Borobudur, Lebih dari 200 Relief Ternyata Menampilkan Lebih dari 60 Jenis Alat Musik
sound of borobudur | sumber: Canva

Borobudur menyimpan segudang misteri dan rahasia yang masih bisa diteliti dan dipelajari sebagai budaya yang diwariskan kepada generasi saat ini.

Dilansir dari soundofborobudur.org, ada sekelompok musisi yang awalnya mencoba membuat riset dan kemudian berupaya mewujudkan relief-relief alat musik itu menjadi bentuk konkrit. Seperangkat dawai dan alat gerabah yang sudah punah telah di rekacipta, instrumen musik abad 8 itu dipertemukan dengan berbagai alat yang dikumpulkan dari 34 propinsi di Indonesia. Mereka membuat komposisi, aransemen, dan berkumpul untuk membunyikan relief itu dalam interpretasi kekinian. Merekam belasan komposisi dan melakukan perekaman gambar. Relief itu sudah berbunyi. Sound of Borobudur sudah berkumandang. 

Sound of borobudur merupakan hasil penelitian para pakar yang mengamati relief yang ada pada candi borobudur. Bukan hanya keindahan atau hiasan saja pada relief candi tapi tersimpan kejeniusan dan kesungguhan orang-orang terdahulu untuk mengedukasi generasi saat ini, sebagai bentuk peradaban budaya.

Ternyata lebih dari 200 relief yang terpahat pada candi borobudur menampilkan lebih dari 60 jenis alat musik. Beberapa alat musik yang terpahat pada candi itu digunakan di berbagai wilayah Indonesia. 

Perkusi borobudur | sumber: Bumi borobudur
Perkusi borobudur | sumber: Bumi borobudur
Banyak sekali gambar alat musik yang terpahat pada relief candi, mulai dari alat musik yang dipukul, ditiup, ataupun dipetik. Dengan beragam bentuk dan jenisnya menampilkan kekayaan budaya sejak dahulu kala terhadap kesenian.

Gendang dalam berbagai bentuk | sumber: Bumi borobudur
Gendang dalam berbagai bentuk | sumber: Bumi borobudur
Pada gambar diatas menampilkan gambar alat musik yang terpahat pada relief yaitu gendang dalam berbagai bentuk. Sebagaimana kita ketahui bahwa alat musik gendang masih digunakan hingga saat ini sebagai bentuk alat musik tradisional, banyak di temukan di daerah jawa barat sebagai musik tradisional, namun saat ini sering dicampurkan dengan alat musik modern juga. Sebagai bentuk perbandingan gambar gendang pada relief dengan gendang saat ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Gendang dalam relief | sumber: Bumi Borobudur
Gendang dalam relief | sumber: Bumi Borobudur
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x