Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Sudah Janji Allah, Doa Kita Pasti Dikabulkan, Ini Doa Meminta Keturunan

28 April 2021   08:31 Diperbarui: 28 April 2021   08:41 1213 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sudah Janji Allah, Doa Kita Pasti Dikabulkan, Ini Doa Meminta Keturunan
Muslim Pray | Sumber : Canva

Manusia adalah makhluk yang lemah dan tak berdaya. Semua yang terjadi atas kehendak illahi robbi. Maka perbanyak meminta dan berdoa kepada Allah saja atas semua harap kita jangan berharap kepada selain-NYA. Apalagi jika berharap pada manusia maka yang di dapat adalah derita dari kekecewaan.

Bulan suci ramadan kesempatan kita untuk memperbanyak amal ibadah dan mohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Kita menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh adalah perintah dari Allah yang tertera dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa"

Orang yang menjalankan puasa di bulan ramadan merupakan ciri orang beriman dan bentuk rasa takwa kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata'ala. Berpuasa merupakan ibadah rahasia yang dilakukan seorang hamba, karena hanya dirinya dan Allah saja yang tahu. 

Pada bulan ramadan, seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Namun jika diluar bulan ramadan, menjalankan ibadah puasa merupakan suatu ibadah yang tidak terlihat. Mungkin orang lain akan mengetahui jika bertanya "Eh kok kamu gak makan siang, kamu lagi puasa ya?", kita boleh boleh saja menjawabnya. Namun hakikatnya ibadah puasa yang dilakukan seorang hamba atas dasar ketulusan dan keimanan untuk Allah semata.

Mengingat QS Al-Baqarah ayat 183 ini, saya sudah hapal sejak SMP. Teringat sekali pada masa itu ada kegiatan sanlat (pesantren kilat) yang biasa dilaksanakan saat ramadan. Waktu itu kita anak-anak sekolah berkumpul dan mendengarkan ceramah di Masjid Agung. 

Ketika sudah selesai ceramah, ustaznya bertanya dan akan memberikan hadiah bagi yang bisa menjawab. Siapa yang tahu dan hapal ayat yang memerintahkan kita untuk berpuasa? Pada waktu itu saya sama sekali tidak hapal dengan ayat tersebut. Ada anak lain yang mengacungkan tangannya dan menjawab, lalu mendapatkan hadiah dari ustaz. Dari situ saya termotivasi untuk menghapalkan ayat tersebut. Pikirku saat itu supaya nanti kalau ada pertanyaan lagi seperti itu saya bisa menjawabnya dan mendapat hadiah. Ah dasar pola pikir anak-anak kala itu, menghapal hanya sekedar supaya dapat hadiah.

Sejak saat itu hingga sekarang, saya hapal sekali ayat ini. Alhamdulillah jadi ada motivasi untuk menghapal, walau kala itu pemikirannya salah. padahal ada yang jauh lebih istimewa yaitu hadiah dari Allah. Ayat Al-Quran bukan sekedar untuk dihapal, tapi dipahami dan diamalkan juga tentunya.

Berdoa itu gratis, perbanyak doa tidak akan membuat kita rugi. Jangan berpikiran ah malu banyak minta sama Allah. Justru itu yang seharusnya kita lakukan, meminta dan berharap hanya kepada Allah saja. Bukankah setiap hari kita membaca surat Al fatihah "Hanya kepadaMu lah kami menyembah dan hanya kepadaMu lah kami memohon pertolongan". 

Tau gak? Doa-doa kita itu pasti dikabulkan oleh Allah, PASTI.

1. Dikabulkan di dunia sesuai keinginan yang dipanjatkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan