Mohon tunggu...
Anis Nadhifatuz Zulfa
Anis Nadhifatuz Zulfa Mohon Tunggu... Mahasiswi

Pendidikan Fisika 2017 Universitas PGRI Semarang "Please stay safe everyone" ūü§ó

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer dan Disinfektan Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 pada Ibu-ibu PKK RT 5 Sumurpanggang

24 Februari 2021   08:53 Diperbarui: 24 Februari 2021   09:01 26 1 0 Mohon Tunggu...

Hand sanitizer dan desinfektan sudah bukan kata yang asing ditelinga kita. Awal pandemi, hand sanitizer dan desinfektan termasuk barang yang langka dan memiliki harga yang cukup tinggi. Semakin hari akhirnya muncul cara cara efektif untuk membuat hand sanitizer dan desinfektan sendiri di rumh. hand sanitizer adalah cairan atau gel yang digunakan untuk  mengurangi patogen pada tangan, dan desinfektan digunakan untuk membunuh kuman penyakit serta  membersihkan alat-alat dirumah, misalnya gagang pintu, meja, remot dll. Berdasarkan survey yang telah dilakukan mahasiswa KKN sebelum pelaksanaan KKN, didapat informasi dari ibu Atik (selaku sekretaris RT dan anggota PKK RT) bahwa belum ada pelatihan khusus mengenai pembuatan hand sanitizer dan desinfektan, Sehingga dengan kesempatan ini mahasiswa UPGRIS mengadakan sosialisasi pembuatannya.

Telah terlaksana pada tanggal 11 februari 2021 diselenggarakan pukul 16.00-17.00 wib di rumah ibu hj khalimatus sadiyah selaku anggota PKK RT 5. Dalam pelaksanaannya, dihadiri oleh 30 ibu-ibu PKK. Sebelum sosialisai pembuatannya, terlebih dahulu mahasiswa KKN mengingatkan bahwa penggunaan hand sanitizer ini hanya dalam keadaan darurat (yang tidak memungkinkan mencuci tangan dengan air/keadaan diluar rumah), ketika kembali ke rumah sangat dianjurkan untuk tetap mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. 

Di lansir dari detik health, Untuk pembuatan hand sanitizer bahan-bahanya cukup dengan alcohol 70% dan aloevera, serta botol spray untuk wadah hand sanitizer. cara pembuatannya :

  1. menyiapkan gelas ukur
  2. menuangkan alkohol 70% sebanyak 150 ml  dan aloevera 50 gr ke gelas ukur 
  3. mengaduk campuran tersebut hinga merata 
  4. menuangkan ke dalam botol spray
  5. hand sanitizer siap digunakan

Dokpri
Dokpri
selanjutnya untuk pembuatan desinfektan, menurut fakultas kedokteran Universitas Jember dalam channel youtubenya, bahan pembuatan desinfektan cukup menggunakan air steril dan larutan pemutih. larutan pemutih mengandung zat aktif bernama hipklorit, dimana ia dapat dijadikan sebagai bahan desinfektan.

cara pembuatan desinfektan :

  1. menyiapkan gelas ukur
  2. menuangkan air steril sebanyak 500 ml ke gelas ukur 
  3. mencampurkan larutan pemutih sebanyak 2 tutup botol larutan pemutih tersebut 
  4. mengaduk campuran secara merata 
  5. desinfektan siap digunakan 

Dokpri
Dokpri
penggunaan desinfektan bisa di tuangkan ke botol spray lalu semprot ke benda-benda dirumah, atau bisa langsung di lapkan ke benda-benda rumah menggunakan kain. Selain demo pembuatan hand sanitizer dan desinfektan, mahasiswa KKN juga mengadakan kuis seputar covid 19, dimana kuis berjumlah 12, dan bagi ibu-ibu PKK yang bisa menjawab kuis tersebut mendapatkan gratis 1 botol spray yang telah berisi hand sanitizer atau desinfektan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan mendapat respon yang sangat baik dari ibu-ibu PKK. semoga apa yang telah disampaikan mahasiswa KKN dapat diterapkan ibu-ibu PKK dirumah, serta penulis juga tidak lupa untuk mengajak pembaca supaya tetap patuh dengan protokol kesehatan. mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jagak dan menggunakan masker. 

~stay safe 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x