Mohon tunggu...
Anisha Rosevita
Anisha Rosevita Mohon Tunggu... Pelajar

Ini bio bukan fisika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Teks Essay "Mengantisipasi Penyebaran Varian Baru Virus Corona B117"

8 Maret 2021   07:22 Diperbarui: 8 Maret 2021   07:45 86 3 0 Mohon Tunggu...

Topik mengenai virus Corona masih hangat menjadi perbincangan masyarakat, pandemi yang belum berakhir mengharuskan masyarakat tetap senantiasa menerapkan 5M (Mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga mobilitas dan menghindari kerumunan ), bahkan menjaga imunitas tubuh juga menjadi hal yang penting agar menjaga tubuh kita terhindari dari penyebaran virus Corona. 

Terlebih lagi mutasi virus Corona varian baru asal Inggris-B117 saat ini telah masuk ke Indonesia dan disebut lebih cepat menular dan lebih berbahaya. 

Virus Corona B117 ini merupakan mutasi virus baru yang penularannya lebih tinggi dan bahkan orang yang terkena mutasi virus Corona B117 akan menularkan kepada orang lain dalam skala yang lebih besar dan cepat. 

Mutasi virus Corona baru yang saat ini sudah masuk Indonesia sangat hangat menjadi bahan percakapan masyarakat sebab membuat masyarakat menjadi khawatir dalam menjalankan kesehariannya di masa pandemi.

Varian baru ini sudah menyebar ke berbagai negara. Bahkan pada awal mulanya mutasi baru ini terdeteksi di Inggris, varian baru virus Corona yang disebut dengan B117 ini diperkirakan dapat menular 70 persen, dugaan tersebut muncul karena pada saat di tes 60 persen warganya terinfeksi virus Corona mutasi baru. Hal inilah membuat para peneliti terus melakukan penelitian dan observasi pada mutasi virus Corona jenis baru tersebut. 

Dari data observasi tersebutlah ditemukan adanya 8 mutasi pada mutasi baru B117 yang dapat mengubah protein S, dan bagian S inilah yang akan menularkan penyakit kepada sel tubuh manusia. Banyak mutasi-mutasi di dalamnya yang dapat menyebabkan virus ini semakin menular. 

Virus Corona mutasi baru yang sedang hangat menjadi perbincangan mancanegara menjadi hal yang berbahaya dan harus diwaspadai karena telah masuk ke Indonesia.

Hal ini membuat para masyarakat semakin khawatir, menanggapi hal itu pemerintah Indonesia terus berupaya untuk dapat melindungi diri dan masyarakat agar virus mutasi baru B117 dapat diputus dan tidak menyebar luas di wilayah Indonesia.

Hal ini menjadi tantangan baru para peneliti, pemerintah dan juga masyarakat karena kita menghadapi virus Corona yang tingkat kesulitannya semakin tinggi dan bahkan semakin berat. 

Pemerintah dan peneliti Indonesia juga harus mengembangkan observasi dan mengembangkan riset riset yang semakin cepat dengan model model penanganan yang lebih baik bahkan harus dilakukan lebih secara analitik karena proses mutasi ini berada dekat di sekitar kita. Penelitian terus melakukan strategi dalam pencegahan penularan virus Corona mutasi baru B117 di Indonesia. 

Pemerintah saat ini akan melakukan penelusuran segera bila adanya kasus positif yang terdeteksi B117, karena penanganan kasus B117 ini harus diproses secara cepat dan sesegera mungkin menilik dari penyebarannya yang begitu cepat dan dapat menular dalam skala yang sangat luas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN