Mohon tunggu...
Anisa Nur Khofipah
Anisa Nur Khofipah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Islam 45 Bekasi

Aku tak sebaik apa yang kau ucap, namun aku tak seburuk apa yang terlintas dalam pikiranmu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Perkembangan Iptek

6 Juli 2020   20:27 Diperbarui: 4 Juni 2021   13:40 1129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam (http://www.pendis.kemenag.go.id/)

Siapa sih yang tidak tau arti pendidikan islam? Bahkan, mungkin diantara pembaca sudah ada yang pernah tau arti pendidikan islam itu apa kan. Nah pendidikan islam adalah usaha orang dewasa (muslim/muslimah) yang bertaqwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) melalui ajaran islam ke arah perkembangan dan pertumbuhan kepribadian muslim. 

Karena, pada era globalisasi ini, kesadaran akan pendidikan yang berkualitas itu semakin meningkat. Pendidikan yang bermutu dan bermuatan agama menjadi pilihan pertama. 

Karena, pada dasarnya tingginya kesadaran agama berpengaruh pada aktualisasi jiwa seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang dimanifrestasikan dalam bentuk kegiatan spiritual. Oleh karena itu, internalisasi nilai-nilai pendidikan islam merupakan hal yang sangat penting dilakukan".

Lalu, Jika dilihat dari bahasannya internalisasi nilai-nilai pendidikan islam adalah konsepsi yang tersurat maupun tersirat yang ada dalam agama yang mempengaruhi perilaku seseorang.

Internalisasi ini juga bukan hanya semata-mata hanya untuk diaplikasikan kepada kehidupan sehari-hari akan tertapi dijadikan juga bagian dari ibadah yang dimana ditanamkan untuk membentuk kepribadian muslim yang lebih baik. 

Baca juga : Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia

Disamping itu ada dorongan dari teknologi dalam pengembangan IPTEK pada zaman sekarang yang sudah semakin berkembang menjadikan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dapat diaplikasikan dengan mudah. 

Metode internalisasi nilai-nilai pendidikan islam itu sendiri menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan yang dimana kedua metode tersebut diterapkan secara bersama-sama agar bisa diharapkan menjadi teladan yang baik, lalu mengubah pembiasaan menjadi sifat-sifat yang akan menjadikan kebiasaan yang baik.

Nilai-nilai pendidikan islam dan ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dengan kelahiran islam itu sendiri. Islam sendiri mengemban tugas menghidupkan kembali tradisi keagamaan dan mengembangkan ilmu-ilmu pengetahuan zaman dahulu ke zaman selanjutnya yang hendak diwujudkan dalam perilaku manusia melalui proses pendidikan. 

Oleh karena itu, islam berhadapan dengan segala bentuk kemajuan teknologi. Disamping itu ilmu pengetahuan harus mencerminkan nilai-nilai pendidikan islam karena sebagai wujud kerja sama kreatif antara Allah dan manusia sebagai hamba.

Sebelum kita bisa mengiternalisasikan nilai-nilai pendidikan islam itu sendiri, kita harus tau dahulu, bagaimana sih ruang lingkup pendidikan islam itu?  Nah, ruang lingkup pendidikan islam dibagi menjadi beberapa bagian yang (1) Al-Qur'an dan Hadist, ruang lingkup ini bertujuan memberikan pendidikan untuk memahami dan mencintai Al-Qur'an dan Hadist sebagai sumber dari ajaran islam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun