Anisa Deasty Malela
Anisa Deasty Malela Blogger

Danone Blogger Academy Batch 1 |Lifestyle| Content Writer | 085781068275 | anisa_dee007@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Lima Langkah Jitu Artikel Blog Berada di Halaman Satu Google

28 Maret 2018   22:32 Diperbarui: 29 Maret 2018   23:45 4809 10 1
Lima Langkah Jitu Artikel Blog Berada di Halaman Satu Google
Menulis sekedar hobi atau menjadi mata pencaharian (Dokumentasi Pribadi)

Menulis Sebagai Hobi atau Profesi

Menulis bisa jadi merupakan cara seseorang dalam menghilangkan kejenuhan, atau hanya sebagai hobi, sehingga tidak memiliki target apapun setelah posting tulisan yang dibuatnya. Tetapi bagi beberapa orang yang menjadikan sarana menulis sebagai mata pencaharian, pasti ada banyak hal yang harus dipenuhi, sebagai standar tulisannya layak mendapatkan bayaran.

Pengalaman menulis saya sebagai blogger baru satu setengah tahun, satu tahun di platform gratis dan lima bulan terakhir menggunakan hosting berbayar. Masih cetek pengetahuan saya mengenai optimasi blog, namun saya berusaha dan sedang terus belajar.

Seiring dengan berjalannya waktu, baru saya sadari bahwa blog juga bisa menghasilkan uang, tetapi bukan sekedar menulis di blog untuk dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ternyata kita harus memahami bahwa semuanya berujung pada SEO bukan sekedar menulis.

Ternyata sangat rumit ya mempelajari mengenai SEO ini, saya sudah ikut empat kelas dalam mempelajari SEO, dimana dua kelasnya saya ikuti secara online via whatsapp group. Entah karena usia atau memang kemampuan saya yang kurang cepat tanggap, kok tampak rumit ya.

Bahkan dalam penentuan judul, ternyata harus melakukan banyak riset karena tulisan kita tidak hanya dibaca oleh manusia lainnya yang mencari informasi melalui google, tetapi juga dibaca oleh mesin pencari itu sendiri.

Cari tahu tentang SEO

Optimasi blog dengan SEO (pict. by shutterstock.com)
Optimasi blog dengan SEO (pict. by shutterstock.com)

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara yang lakukan terhadap website agar terindex di halaman pertama atau rangkaian teratas pada hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang relevan terhadap konten website kita.

Ada dua jenis hasil yang di tampilkan oleh mesin pencari google, yaitu :
1. Hasil pencarian yang berupa iklan (akan langsung berada di posisi teratas).
2. Hasil pencarian alami dimana google menempatkan website kita di halaman pertama tanpa perlu membayar. 

5 Langkah yang harus diperhatikan agar artikel blog ada di halaman pertama Google

Agar tulisan blog kita tidak hanya menjadi sekedar tulisan, tetapi bisa menjadi sumber informasi bagi banyak orang, ada tahapan langkah yang harus kita lakukan, yaitu:

  1. Mudah diakses menggunakan gadget terutama handphone.
  2. Kecepatan website.
  3. Back Link.
  4. Keywords.
  5. Karya tulis yang orisinil dan menarik untuk dibaca.

Kita kupas satu persatu ya (ini berdasarkan daya tangkap saya dari beberapa kelas menulis yang saya ikuti).

1. Mudah diakses atau mobile friendly, karena saat ini hampir 80% pembaca atau pencari informasi menggunakan handphone untuk mengakses internet. Maka ada baiknya blog yang kita miliki mudah diakses jika dibuka menggunakan handphone.

2. Kecepatan website berkaitan dengan besarnya ukuran foto yang kita pakai sebagai sumber informasi di blog kita, kalau kita tidak resize foto dengan ukuran yang lebih kecil, bisa-bisa memberatkan pembaca saat membuka blog kita. Percuma kalau tulisan kita bermanfaat tetapi pembaca malas membuka hanya karena kelamaan mengakses foto.

3. Back link, masih banyak perdebatan mengenai yang satu ini, karena ada beberapa orang yang mengatakan kalau kita terlalu banyak back link di artikel kita, maka akan kurang baik. Namun jika memiliki back link yang baik dan kompeten dengan tulisan yang kita buat, itu akan membuat tulisan kita lebih menarik. 

Lebih baik lagi disaat kita menulis satu tema dan ternyata berkaitan dengan artikel kita yang lain, bisa menjadi back link yang saling mendukung.

4. Keywords atau kata kunci, hindarilah penggunaan kata kunci yang pendek (karena akan makin besar persaingan pada kata kunci tersebut). Coba gunakan long tail keywordsdan kata kunci turunan.

Minimal kita masukan tiga kata kunci utama dalam tulisan kita, minimal 1000 kata menjadi salah satu kunci tulisan kita terbaca oleh SEO. Dalam 1000 kata kita usahakan untuk menyisipkan kata kunci dalam setiap paragraph. 

5. Karya tulis yang orisinil dan menarik untuk dibaca, ini yang paling utama karena akan dicari dan menjadi nilai lebih saat dibaca.

Agar blog mampu berkompetisi maka ada hal utama yang mesti kita lihat, yaitu onpage blog dimana optimalisasi onpage meliputi seluruh komponen internal blog seperti : user experience, title blog, dan deskripsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2