Mohon tunggu...
anisa dian islami
anisa dian islami Mohon Tunggu... Business Administration Student at Diponegoro Univeristy

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Posyandu Tanggap Covid-19 dengan Sistem "Door To Door" Tekan Penyebaran Covid-19 di Kota Semarang

14 Agustus 2020   18:45 Diperbarui: 14 Agustus 2020   19:07 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Posyandu Tanggap Covid-19 dengan Sistem "Door To Door" Tekan Penyebaran Covid-19 di Kota Semarang
Dok. pribadi.

Semarang (14/08)- Dalam keadaan pandemi corona saat ini, masyarakat perlu meningkatkan kesadarannya terutama para ibu terhadap kesehatan anak-anaknya dan lansia. Salah satu hal yang perlu di sosialisasikan pada masyarakat di masa pandemi ini yaitu peraturan dan sistem pelayanan posyandu yang benar dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Anisa Dian Islami selaku Mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP Undip untuk menekan angka penyebaran covid-19 di wilayah RT 03/RW 23, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang Semarang yaitu dengan mengadakan Program Kerja KKN "Posyandu Tanggap Covid-19" dengan bekerjasama dengan pengurus Posyandu "Ananda" dan seluruh warga RW 23 Kecamatan Tembalang, Kelurahan Sendangmulyo, Semarang, Jawa tengah..

Keterbatasan APD di Posyandu "Ananda" RW 23 Kelurarahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Semarang, mengharuskan sistem pelayanan ditunda atau dilakukan dengan sistem baru yaitu secara 'door to door" demi memutus rantai penyebaran covid-19 pada usia rentan seperti balita dan lansia dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,

Pemerintah juga sudah mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait adaptasi kebiasaan baru (new normal) yang salah satunya melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK. 01.07/MENKES/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, disebutkan bahwa keluarga merupakan kunci penting untuk memasuki era new normal. Anggota keluarga yang memiliki aktivitas di luar rumah harus bertanggung jawab dengan kesehatan anggota keluarga yang lain.

Untuk mendukung program pemerintah dan guna mempercepat pemutusan rantai covid-19 di lingkugan Kelurahan Sendangmulyo,dalam pelaksanaan progam kerja ini saya telah melaksanakan publikasi aturan posyandu selama pandemi, dan membantu pelaksanaan pelayanan posyandu dengan sesuai janji temu setiap warga atau "door to door" seperti pemberian vitamin A dan lain-lain. Program ini berjalan dengan lancar dan di dukung dengan antusiasme masyarakat sekitar.

#KKNtimIIperiode2020

#p2kknundip

#lppmundip

#undip



Penulis : Anisa Dian Islami

Editor : Ojo Kurdi, S.T.,M.T.,PhD

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x