Mohon tunggu...
Anisa Ainisofa
Anisa Ainisofa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Akun Kuliah

Mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Komunitas Bank Sampah Mawar

11 November 2021   15:16 Diperbarui: 12 November 2021   13:07 109 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SEMARANG- Mahasiswa Kerja Nyata Dari Rumah (KKN RDR) Angkatan 77 Kelompok 111 UIN Walisongo Semarang membantu Komunitas Bank Sampah Mawar di Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada hari Minggu (24/10/2021).

Kegiatan ini dimulai Pukul 08.00 WIB, dengan menunggu warga sekitar datang untuk menyerahkan sampah-sampah yang sudah dipilah. Adapun warga yang memiliki persediaan sampah yang cukup banyak dan akses yang cukup jauh akan didatangi oleh tim Bank Sampah Mawar dan ditimbang sesuai berat dan jenisnya. Setelah penimbangan selesai akan dicatat dan diakumulasikan kedalam Rupiah sesuai price list terbaru dan ditabung di buku tabungan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Paguyuban Bank Sampah Kota Semarang Bapak Bambang Triyanto dan Perwakilan dari LPPM UNNES, Ibu Prof. Dr. Retno Sri Iswari S. U yang memberikan kenang-kenangan berupa seragam dalam bentuk pengabdian dari LPPPM UNNES.

Tujuan diadakan kegiatan Bank Sampah tiap Minggu adalah untuk  membantu menangani pengolahan sampah dan sebagai edukasi ke masyarakat dalam hal peduli lingkungan.

"Daripada dibakar mending dibuat sesuatu yang bermanfaat" tutur Ibu Sumiyyati selaku Ketua Bank Sampah Mawar.

Didirikannya Komunitas Bank Sampah bermula dari salah seorang anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang mengeluh terkait kegiatan PKK yang hanya sebatas arisan dan merumpi saja. Akhirnya terbesitlah malakukan kegiatan-kegiatan lingkungan seperti merubah sampah menjadi nilai guna dan akhirnya beralih menjadi Komunitas Bank Sampah Mawar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan