Mohon tunggu...
Anis Sakinah
Anis Sakinah Mohon Tunggu... anis

selamat datang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Tenaga Kerja Analis Kesehata

4 Desember 2020   15:36 Diperbarui: 4 Desember 2020   21:53 16 2 0 Mohon Tunggu...

Sebelumnya perkenalkan nama saya Anis Sakinah. Disini saya sebagai mahasiswa baru prodi DIV Analis Kesehatan di sebuah universitas di Surabaya (Universitas Nahdlatul ulama Surabaya ) atau dikenal dengan sebutan UNUSA. Alasan saya mengambil prodi ini adalah karena kurangnya tenaga kerja Analis Kesehatan di daerah tempat tinggal saya, lebih tepatnya kepulauan kangean. Sehingga menurut saya prodi ini cukup menjanjikan peluang kerjanya ketika saya lulus nanti. Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa sih yang dimaksud dengan Analis Kesehatan.

Mungkin kalian sangat jarang mendengar nama analis kesehatan bahkan diantara kalian tidak tau apa itu Analis Kesehatan. Hal ini dikarenakan Analis  Kesehatan tidaklah terlalu pouler di dalam dunia kesehatan seperti halnya dokter, perawat, dan juga kebidanan. Akan tetapi tanpa kalian sadari, Analis Kesehatan sangatlah berperan penting dalam dunia kesehatan. Tanpa bntuan tenaga kerja Analis Keseatan, dokter tidak bisa mendiagnosa penyakit yang dialami oleh seseorang, tidak bisa menemukan obat-obatan pada penyakit tertentu. Dikarenakan pentingnya tenaga kerja Analis Kesehatan, sehingga pemerintah mengharuskan pada setiap puskesmas harus ada sekurang-kurangnya 1 orang tenaga kerja Analis Kesehatan.

Analis Kesehatan atau yang sering disebut dengan Teknologi Laboratorium Medik adalah profesi atau pekerja pada bidang kesehatan yang bertugas untuk melayani pemeriksaan, pengujian, pengukuran, dan juga penetapan suau bahan yang diambil dari manusia tau bukan dari manusia, untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang, mengetahui penyakit yang diderita, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit, dan juga mengetahui hal-hal yang harus dihindari. Seorang Analis Kesehatan selain bekerja pada bidang kesehatan, mereka juga bisa menjadi seorang ilmuan atau peneliti.

Sekian pemaparan tentang Tenaga Kerja Analis Kesehatan dari saya kurang lebihnya mohon maaf, sekian terima kasih

Nama : Anis Sakinah

NIM : 2240020040

Prodi : DIV Analis Kesehatan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x