Mohon tunggu...
ANINDYA RISTA PUTRI LARASATI
ANINDYA RISTA PUTRI LARASATI Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota - Universitas Jember

191910501045

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kesesuaian Lahan Perikanan Tambak, Sidoarjo

6 Mei 2021   07:25 Diperbarui: 6 Mei 2021   07:29 51 1 0 Mohon Tunggu...

Sumber daya lahan atau lahan merupakan tempat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik untuk pemenuhan pangan maupun tempat tinggal. Diketahui jika jumlah lahan dimuka bumi ini jumlahnya akan tetap sama namun jumlah pemintaan akan terus bertambah jumlahnya dan dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk maka jumlah permintaan lahan juga semakin hari semakin meningkat. 

Agar tidak terjadi permasalahan dalam penggunaan lahan dan dalam upaya merumuskan tata ruang atau penataan kota dimasa yang akan datang maka perlu adanya penataan tata guna lahan yang diharapkan dapat membawa efek positif bagi kehidupan manusia. Agar tata guna lahan ini dapat tersusun dengan baik maka diperlukan evaluasi sumber daya lahan.

Evaluasi sumber daya lahan merupakan suatu proses dalam penilaian sumber daya lahan dengan menggunakan pendekatan tertentu atau cara yang telah diuji dan teruji dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Dalam perencanaan tata guna lahan serta evaluasi sumber daya lahan maka diperlukan terlebih dahulu mengetahui apa potensi serta masalah yang ada serta kesesuaian dari lahan tersebut.

Sidoarjo merupakan kawasan yang masuk kedalam wilayah Surabaya raya. Kabupaten Sidoarjo merupakan kabupaten yang letaknya berdekatan dengan kota Surabaya, maka tidak heran dan jika perkembangan kabupaten sidoarjo semakin hari akan terus semakin meningkat dan akan terus semakin berkembang seiring dengan perkembangan kota Surabaya. 

Perkembangan kota Surabaya yang sudah tidak dapat terhindarkan karena merupakan ibu kota provinsi serta dikarenakan Surabaya terdapat banyak aktivitas yang menyebabkan Surabaya terus berkembang. Namun kondisi dan jumlah lahan tidak dapat bertambah karena jumlah lahan akan tetap sama namun karena adanya perkembangan ini permintaan akan jumlah lahan juga ikut meningkat yang menyebabkan kabupaten sidoarjo merasakan efeknya. 

Dengan adanya permasalahan ini maka sangat diperlukan adanya perumusan tata ruang atau penataan kota agar permasalahan tata guna lahan seperti ini dapat menemukan solusi dan diharapkan adanya perkembangan dari hari ke hari ini dianggap bukan sebagai masalah atau tantangan tapi dianggap sebagai perkembangan yang positif atau menjadi peluang untuk terus berkembang.

Sidoarjo memiliki komoditas yang terus berkembang yang salah satunya yaitu komoditas perikanan atau perikanan tambak. Dengan begitu berdasarkan faktor-faktor daya dukung fisik yang ada pada Kabupaten Sidoarjo maka perlu dilakukan tindakan dan analisi mengenai ini dengan menggunakan teknik overlay atau sistem tumpang tindih peta dengan bantuan aplikasi software ArcGis, dengan dibantu oleh aplikasi atau software arcgis sehingga dapat didapatkan dan diketahui hasil bahwa pada kabupaten sidoarjo, kecamatan yang dapat dipertahankan, dan ditingkatkan perikanan tambak pada kecamatan mana saja. Yang kemudian setelah melakukan pembobotan pada masing-masing variabel dan indicator yang selanjutnya bobot tersebut dimasukkan menjadi data bahan input dalam peta overlay.

Maka berdasarkan hasil overlay dapat didapatkan hasil yaitu kecamatan yang dipertahankan perikanan tambak yaitu kecamatan yang dimana lokasi tersebut jauh dari permukiman, industry, perdagangan sehingga jauh dari limbah yang diakibatkan kegiatan tersebut serta dalam lokasinya memiliki lokasi tepat dalam budidaya tambak air payau. 

Dengan luas wilayah kecamatan yang dipertahankan perikan tambak yaitu 15.069,99 Ha. Sementara untuk kecamatan yang perlu ditingkatkan adalah kecamatan yang memiliki nilai kurang dari kelas klasifikasinya dilihat dari variabel yang telah diidentifikasi maka perlu adanya peningkatan kualitas perikanan tambak air payau. Dengan luas kecamatan yang ditingkatkan perikanan tambak  yaitu 3.939, 71 Ha.

VIDEO PILIHAN