Mohon tunggu...
Anindya Putri
Anindya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hi

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Cerita Perjalanan ke Nusa Penida

20 September 2022   12:34 Diperbarui: 20 September 2022   12:41 155 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam agama Hindu Bali, Nusa Penida dianggap sebagai tempat yang sangat suci. Dikenal sebagai "Pulau Ilmu Hitam", Nusa Penida menarik para peziarah dari seluruh Bali yang ingin mencapai keseimbangan (antara yang baik dan yang jahat) dalam hidup mereka. Bagi para peziarah ini, perjalanan ke pulau yang menakjubkan dan firasat ini adalah suatu keharusan. Bagi wisatawan reguler seperti saya, tur Nusa Penida sama memikatnya. Ini salah satu tempat paling spektakuler dan indah tidak hanya di Bali tetapi seluruh Indonesia. Perjalanan ke Nusa Penida harus ada dalam daftar keinginan semua orang, apakah mereka benar-benar pernah mendengar tentang pulau ini atau tidak.

Ada banyak tempat menginap di Nusa Penida, terutama di sekitar utara pulau. Di sini, saya menemukan semua bentuk akomodasi yang biasa, seperti wisma, hostel, homestay, dan sejumlah resor. Daerah di sekitar Toyapakeh sebenarnya terlihat sangat mirip dengan beberapa tempat di daratan Bali pada waktu-waktu tertentu, yang merupakan tanda perkembangannya yang sedang berlangsung. Meskipun demikian, sebagian besar pulau ini sangat kurang berkembang. Menemukan pangkalan yang tepat di Nusa Penida sangat penting untuk menjelajahi pulau ini.

 

Cara Menuju Nusa Penida

Orang-orang bepergian ke Nusa Penida dengan salah satu dari dua cara:

Dengan perahu/wisata dari Nusa Lembongan.

Dengan perahu/wisata dari Sanur (Bali).

Jika kalian berencana mengunjungi pulau ini secara mandiri, maka kalian dapat naik feri dari Nusa Lembongan ke Nusa Penida di Jembatan Kuning yang terkenal. Perahu umum berangkat saat penuh dan akan beroperasi dari matahari terbit hingga matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 7 pagi hingga 4 sore. Perhatikan bahwa banyak perahu ke Nusa Penida tidak akan turun pada puncak air surut. Tiket kapal umum Nusa Penida-Nusa Lembongan akan dikenakan biaya 25.000. Waktu tempuh adalah 10-15 menit. Kebanyakan orang melakukan perjalanan dari daratan Bali ke Nusa Penida dengan naik kapal cepat di Sanur. Dari Sanur, ada banyak perusahaan feri yang menawarkan transfer sepanjang hari sehingga wisatawan tidak perlu kekurangan pilihan. Tiket kapal seharga 100-200rb.

Dimungkinkan untuk melakukan perjalanan ke Nusa Penida dari Padang Bai tetapi transfer ini sedikit lebih sulit. Ada feri lambat yang memakan waktu lebih dari 2 jam atau kapal cepat yang jauh lebih kecil dan jauh lebih tidak nyaman. Keduanya meninggalkan Padang Bai lebih awal dan jarang feri dari Nusa Lembongan atau Bali akan menurunkan penumpang di pelabuhan utama di pulau di Toyapakeh. Setelah meninggalkan kapal, saya menerima sambutan biasa dari "Scooter?! Skuter?! Skuter?!" dari penduduk setempat. Lebih lanjut tentang berurusan dengan orang-orang yang menyewakan skuter di Nusa Penida nanti.

Berkeliling Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau yang jauh lebih besar daripada nusa lembongan tetangga dan pasti akan membutuhkan beberapa alat transportasi untuk melihat. Sebagian besar melakukannya dengan salah satu cara berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan