Mohon tunggu...
Anindya C
Anindya C Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bukan menulis karena menarik, melainkan menarik karena ditulis

Tulisan representasi diri.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Hidup Terencana Vs Hidup Fleksibel, Mana yang Lebih Baik?

25 Februari 2023   10:07 Diperbarui: 26 Februari 2023   20:42 758
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber dokumen Pinterest @blissfullyecho

Setidaknya, di sekeliling kita ada dua tipe kepribadian orang, si paling tau apa rencana selanjutnya versus mereka yang hidupnya ngalir aja.

Sebelum larut dalam dua tipe kepribadian hidup tersebut, kita patut bersyukur karena masih bisa memikirkan mau hidup seperti apa supaya hidupnya efektif. Efektif, artinya semua waktu yang kita habiskan untuk segala hal yang kita lakukan itu nggak sia-sia, kita mampu mencapai goals dalam hidup.

Ada segelintir orang yang bahkan untuk memperhitungkan waktu dalam hidupnya saja sulit saking sibuknya. Sebenernya tidak heran sih, tuntutan dari sekitar dan thanatos alias agresifitas dalam kepribadian kita untuk mencapai keinginan memang tidak ada ujungnya.

Namun, sepatutnya kita peduli pada penataan waktu dalam hidup kita.

Perlu diketahui, tidak melulu, penataan waktu dalam hidup kita adalah aturan yang saklek dan irreversible. Time management kita itu bukan proses komunikasi yang tidak bisa diubah. Asal membuat efektif, mau dengan prinsip mengalir saja ataupun terencana, akan menguntungkan pribadi seseorang.

Si terorganisir yang segala halnya direncanakan dulu biasanya mateng banget dalam apa yang dikerjakannya. Mereka sering kali powerfull dalam suatu kesempatan karena hal yang mereka lakukan sudah ada dalam jadwal hal-hal di hidup mereka. Bahkan, tak jarang mereka disebut perfeksionis dalam segala hal.

Namun, bagaimana sih sejatinya menjadi si perencana yang benar-benar efektif alih-alih kaku terhadap lingkungan sekitar. Yuk, simak langkah-langkah time management yang efektif.

1. Catatlah Apa yang Dikerjakan pada Suatu Waktu

Berbeda dengan weekly atau daily plan, langkah pertama yang perlu dilakukan supaya time management menjadi efektif ialah mencatat hal yang dikerjakan pada suatu waktu. Dimulai dari pertama mengerjakan sampai selesai, atur berapa lama hal tersebut dapat diselesaikan menggunakan alarm. Lakukan langkah ini pada hal yang sering dilakukan sehari-hari.

Memang, terdengar ribet, tapi langkah ini mampu membuat kita mengetahui estimasi waktu paling efektif kita dan waktu di mana kita sedang malas-malasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun