Mohon tunggu...
Anik Asmawati
Anik Asmawati Mohon Tunggu... hello

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cara Mencegah Covid-19 dengan Ajifurai ala Mahasiswi KKN Undip

5 Agustus 2020   11:41 Diperbarui: 8 Agustus 2020   06:40 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mencegah Covid-19 dengan Ajifurai ala Mahasiswi KKN Undip
Sosialisasi dan pembagian produk ajifurai oleh mahasiswa KKN di desa Klayusiwalan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati (Dokpri)

Pati (05/09/2020), Masa pandemi covid -19 menyebabkan kecemasan tersendiri bagi masyarakat. Kecemasan tersebut dikarenakan angka lonjakan kasus covid yang terus meningkat hingga mencapai 115.056 pada 4 Agustus 2020. Hal ini mendorong mahasiswi KKN Undip, Anik Asmawati untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan mengkonsumsi ikan. 

Di Desa Klayusiwalan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, dia menjelaskan manfaat mengkonsumsi ikan di tengah pandemi dan mengenalkan produk olahan ikan, ajifurai.

Ajifurai merupakan salah satu olahan ikan yang berasal dari Jepang. Makanan ini terbuat dari fillet ikan,  dimasukkan kedalam adonan tepung terigu dan bumbu, kemudian diberi tepung panir, dimasukkan kedalam freezer dan digoreng. 

Gambar  ajifurai siap saji produksi mahasiswa KKN Undip (Dokpri)
Gambar  ajifurai siap saji produksi mahasiswa KKN Undip (Dokpri)

Dijelaskan oleh Anik, Ajifurai mengandung zat gizi seperti protein dan lemak omega 3 yang baik dalam proses peningkatan sistem imunitas tubuh ditengah masa pandemi.

"Ajifurai juga dapat membuka peluang usaha bagi penduduk desa Klayusiwalan dengan memanfaatkan potensi perikanan yang ada. Kegiatan sosialisasi dan pemberian produk  disambut baik oleh warga" Ujarnya pada Sabtu (18/07/2020).

Hal ini juga dianjurkan oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang menyatakan bahwa makan seafood yang sehat menyebabkan  stamina tubuh bagus, bisa tahan, lepas dari penularan Covid-19.

Dengan begitu, produksi ajifurai selama masa pandemi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan dapat digunakan sebagai lahan bisnis dalam jangka panjang. Hal ini sesuai dengan tema KKN tahun ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid – 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS)”

Penulis: Anik Asmawati

Editor: Rami Tiyas

VIDEO PILIHAN