Mohon tunggu...
Anik KusmiatiSPd
Anik KusmiatiSPd Mohon Tunggu... Guru - Guru PAUD

Seorang guru PAUD di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Probolinggo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Refleksi Pengembangan Diri Kemampuan IT

5 Desember 2021   05:35 Diperbarui: 5 Desember 2021   05:44 79 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Republika

Peningkatan mutu pendidikan salah satunya adalah terletak pada kompetensi guru sebagai tenaga pengajar. Pembelajaran akan memiliki sebuah kualitas tentunya tidak berdiRI dengan sendirinya akan tetapi didukung dengan berbagai media, alat peraga dan sumber belajar lainnya termasuk dalam bidang teknologi. Dewasa ini, teknologi merupakan bagian yang sangat penting dan memiliki peran dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Sebagai bentuk refleksi diri dalam kemampuan IT selama mengikuti kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari sebelum dan setelahnya adalah sebagai berikut:

Sebelum mengikuti PPG, kebanyakan  belum mahir membuat link dalam program google drive dan youtube , belum mampu memanfaatkan google meet dalam rapat serta belum mampu  membuat video pembelajaran.

      Setelah mengikuti kegiatan PPG, hasil yang dipatkan adalah sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan gmeet tidak saja untuk melakukan pembelajaran dengan anak-anak tetapi juga untuk rapat dengan rekan-rekan guru baik dalam satu lembaga atau dengan lembaga lain lingkup kecamatan maupun kabupaten. Disamping itu Setelah mengikuti kegiatan PPG, juga sudah memiliki kemampuan dalam membuat program zoom meeting/google meet untuk digunakan dalam rapat secara daring sehingga mempermudah dalam presentasi dan berkomunikasi.

       Berdasarkan penjelasan di atas, bahwa dengan adanya program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini sangat memberikan banyak manfaat dalam ilmu pengetahuan, teknologi, kajian-kajian teori dan praktik kerja nyata. Sebagai seorang guru jika sudah mengikuti PPG tentu akan memberikan pengembangan pengetahuan dan motivasi dalam melaksanakan tugas di sekolah. Dalam hal ini pula, guru sangat memiliki andil besar dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran dan mampu mendesain pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Ini akan menumbuhkembangkan motivasi belajar anak di sekolah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan