Humaniora Pilihan

Bahasa dan Komunikasi

16 April 2018   22:32 Diperbarui: 16 April 2018   22:46 466 2 0
Bahasa dan Komunikasi
(sumber: sumber.com)

bahasa, sebuah perantara untuk berkomunikasi. melalui bahasa seseorang dapat bertukar pikiran dan menyampaikan apa yang mereka inginkan. untuk anak-anak bahasa sangat diperlukan, karena bagaimanapun juga salah satu pengetahuan yang diperoleh oleh anak adalah dengan mendengarkan orang lain berbicara (berkomunikasi).

Dari situ kemudian anak dapat menyerap informasi yang mereka peroleh kemudian akan mereka olah sesuai pemahaman mereka. dengan begitu bahasa merupakan bagian penting untuk berkomunikasi. anak yang memiliki keterbatasan berbahasa ataupun berkomunikasi mereka juga akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan sebuah informasi dan juga kesulitan dalam berinteraksi serta mengutarakan keinginan mereka.

Kemampuan berbahasa anak dapat dilatih pada usia prasekolah, dimana ketika usia tersebut kemampuan anak serta pengetahuan mereka sedang dalam level tertinggi sehingga anak dapat dengan mudah menyerap apa yang lingkungan berikan pada mereka. misalnya dengan memberikan anak tontonan kartun yang berisi tentang pengetahuan namun tetap dalam pengawasan orang tua, d

Dari situ anak akan mendapatkan berbagai kosa kata baru yang akan memudahkan akan dalam berbahasa dan juga berkomunikasi. semakin banyak kosa kata yang di kuasai oleh anak maka semakin baik pula komunikasi anak yang digunakan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Sedangkan apabila kosa kata yang anak miliki hanya sedikit maka anak  dalam mengutarakan sesuatu juga akan terbatas dan tidak bisa seintensif anak-anak yang memiliki pembendaharaan kata yang banyak. namun, sering juga ditemui anak-anak yang memiliki kesulitan dalam hal pengucapan maupun penggunaan kata itu sendiri.

Problem seperti ini yang sering terjadi di sekeliling kita, biasanya anak hanya meniru apa yang mereka dengar tanpa mengetahui maksud dan juga penggunaan dari kata-kata tersebut, jadi seringkali anak keliru dalam menggunakannya. Kemampuan berbahasa anak akan meningkat seiring dengan berkembangnya usia dan juga kemampuan berpikirnya namun tetap perlu adanya stimulus yang dapat membuat anak belajar hingga mampu menambah kosa kata yang lebih banyak.