Mohon tunggu...
Anis Contess
Anis Contess Mohon Tunggu... Guru - Penulis, guru

aniesday18@gmail.com. Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Lansia Ini Rela Menempuh 4 Jam Perjalan dengan Motor Butut 70 Demi Antar Pesanan

11 Agustus 2021   09:40 Diperbarui: 11 Agustus 2021   10:44 405 21 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pak Zainuri dengan bawaan


Hanya sedikit yang tanpa keluh bangkit saat pandemi ini. Utamanya bagi pengusaha kecil. Mereka rentan terpuruk, keterbatasan banyak hal membuat mereka gulung tikar.

Ada yang banting stir mencoba usaha lain, bahkan berlarut sedih tanpa penghasilan, menggantungkan uluran. Ini masih lebih baik dari pada yang sedih berkepanjangan hingga meregang nyawa. Darah tinggi, stroke, busung lapar, selain Covid tentu saja.

Diantara yang sedikit itu ada nama Zainuri. Pengusaha mebel yang terus melakukan usaha produksi dengan inovasi. Awalnya membuat meja, kursi, lemari, dipan kini alih produk mengerjakan  pesanan bernilai jual rendah. Murah dengan laba sedikit saja.

Meja lipat mengaji, itu yang dia kerjakan kini. Agar tetap bisa mengepulkan dapur sang istri, Bu Muhayati juga karyawannya yang berjumlah 4 orang meski dengan gaji jauh berkurang dibanding masa mengerjakan pesanan besar dahulu.

Dia tawarkan meja lipat itu seharga Rp.25.000 free ongkir radius 10 km an dari rumahnya. Kalau jumlah besar ada harga khusus. Asal bisa menutup biaya beli bensin Pak Zainuri rela mengantar untuk pesanan banyak meski tempatnya jauh.

Itu yang saya baca di grup UMKM Desa Sidogiri Kecamatan Pasuruan, sebuah desa yang saya ikut concern mendampingi geliatnya. Itulah maka saya diikutkan berbagai grup warga di sana. Bukan hanya umkm, bank sampah juga. Hanya sebagai relawan, yang kalau saya ada kesempatan atau diberitahu ada sesuatu turun datang.

Untuk meja itu saya pesan 10. Diberikan harga Rp.30.000 perbiji. Tak sedikitpun ada keinginan menawar. Mengingat rumah saya nun jauh di gunung, 3 jam perjalanan motor kalau saya biasanya sampai ke desanya. Sidogiri - Pasuruan.

"Minggu ya bu pengiriman."


"Monggo, uang saya transfer H min 1 sebelum dikirim."

Tak ada kabar, saya tak lakukan pembayara. Nyatanya, Minggu pagi, 8/8/2021 sekira lukul 09.00 pagi Pak Zainuri datang. Mengejutkan karena diantar sendiri.

Diletakkannya meja-meja kayu itu di dua keranjang kain kain kiri, tepat di pantat motor tua bermerk honda warna merah."Tahun 70 an motor ini bu. Sudah menemani puluhan tahun. Alhamdulillah tidak pernah rewel."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan