Mohon tunggu...
Ekonomi

Penerapan Akuntansi Biaya dalam Upaya Meminimalisir Terjadinya Fraud di Perusahaan Manufaktur

4 Mei 2019   17:58 Diperbarui: 4 Mei 2019   18:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

Penulis : Aniar Indah Maulida

Dosen    : Sri Dewi Wahyundaru

Email    : sridewi@unissula.ac.id

Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Jurusan S1 Akuntansi

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Akuntansi telah mengembangkan konsep dan peningkatan ilmu baru untuk menyeimbangkan kebutuhan akan informasi keuangan yang terus menerus meningkat di era sekrang ini, guna melaksanakan pembangunan ekonomi dan program akuntansi yang moderen ada saja kasus tentang fraund pada perusaan manufaktur yang sering terjadi yang biasanya diakibatkan oleh salah hitung maupun kesalahan dari akuntan sendiri. Akuntansi biaya sendiri dinilai sebagai dasar agar meminimalisisr terjadinya fraund pada perusahaan.

Salah satu penyebab terjadinya fraund adalah tidak terbukanya sistem kerjanya merupakan terbukanya peluang bagi pelaku penipuan. Dimungkinkan pelaku tersebut biasanya orang dalam atau melihat terjadinya proses dalam penghitungan pembuatan laporan keuangan. Umumnya penipuan dalam akuntansi berkaitan dengan ketidakseimbangan antara laporan keuangan dengan saldo uang dalam rekening bank. Tindakan yang terjadi tersebut biasanya yang dilakukam adalah memanipulasi pencatatan, penghilangan dokumen serta penggelapan secara diam-diam.

Langkah pertama yang bisa diambil perusahaan untuk memastikan mereka benar-benar aman dari kecurangan laporan keuangan dengan mengestimasi dengan menggunakan akuntansi biaya yaitu dengam memastikan cek antara laporan keuangan dan saldo buku kas itu benar-benar sama hasilnya. Di samping dapat mencegah penipuan perusahaan biasanya membuat catatan transaksi penggolongan biaya arus kas masuk dan arus kas keluar sebagai bukti atas terjadinya suatu pencatatan dari suatu transaksi.

Oleh karenanya perusahaan manufaktur benar-benar mengkontrol para karyawan dan ketua departemen dalam perusahaan seperti karyawan harus menggolongkan dalam bentuk jurnal BBB,BTKL,BOP,Biaya Administrasi dan biaya lainnya sesuai dengan transaksi yang kemudian dipisahkan sesuai pos hasil akhir berbentuk laporan biaya prosuksi perperiode berjalan.

Selain usaha tersebut dibutuhkan upaya yang dimana akuntansi biaya untuk menghindari terjadinya fraund perusahaan perlu pencegahan suatu tindakan kecurangan dapat dilakukan dengan adanya suatu kerjasama pihak internal perusahaan maupun pihak yang berkepentingan dengan perusahaan tersebut, dan hal ini bisa dihindari dengan menciptakan suasana yang kondusif dan efektif dalam lingkungan dalam perusahaan, pemeliharaan hubungan yang baik antara manajer dan karyawan, penciptaan struktur organisasi yang efektif dan efesien serta adanya kepedulian pihak manajemen perusahaan guna menciptakan keharmonisan dalam internal perusahaan yang diasumsikan karyawan nyaman dan tidak melakukan kecurangan dalam bekerja dan dalam mengatur segala bentuk aktivitas perusahaan.

Akuntansi biaya mempunyai peranan yang penting dalam memegang keandalan keuangan perusahaan manufaktur, dengan akuntansi biaya yang berjalan dengan baik akan menimbulkan kejelasan transaksi keuangan yang telah diterima belom dicatat atau sudah dicatat serta dapat menggolongkan pembebanan biaya yang baik sesuai dengan penggunaan biaya tersebut.

Perusahaan mengharapkan penuh pada akuntansi biaya pada perusahaannya guna menghindari terjadinya kecurangan yang akibat salah hitung karyawan ataupun disengaja. Dengan demikian perusahaan harus membuat internal control yang baik serta penggunaan akuntansi biaya yang baik agar terhindar dari fraund (kecurangan).