Mohon tunggu...
Politik

7 Kalangan Masyarakat yang Tidak Akan Memilih Jokowi di Pilpres 2019

22 April 2018   06:00 Diperbarui: 22 April 2018   08:08 3013
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pertanyaan yang sama seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya : Siapa orangnya yang bisa menjamin Jokowi pasti menang di Pilpres 2019?

Tidak ada. Sekali lagi tidak ada satupun orang yang bisa menjamin Jokowi pasti  menang lagi di Pilpres berikutnya.  Dengan begitu tidak ada lagi istilah Jokowi tidak bisa tumbang di tahun 2019.  Jokowi pasti bisa tumbang. Dan peluang tumbangnya menurut saya cukup besar dengan catatan tidak ada perubahan signifikan dari cara Jokowi memimpin bangsa ini hingga setahun ke depan.

Dan yang menjadi focus saya dalam beberapa bulan  ke depan ini adalah memastikan atau tepatnya mencoba memastikan benar tidak  bahwa akan ada tanda-tanda dari kejatuhan Jokowi di tahun 2019.

Seram yaa kata-katanya? Hahahaha.

Saya tahu persis bahwa ada ( mungkin banyak) diantara pembaca yang begitu sayang pada Jokowi dan tidak iklas sama sekali bila disebut Jokowi akan kalah di Pilpres 2019.   Contohnya di artikel kemarin ada pembaca yang merupakan kompasianer juga dimana nyata-nyata terlihat dia pendukung berat dari Jokowi sehingga tidak setuju dengan tulisan saya yang menyebut Infrastruktur yang dibangun Jokowi itu tidak efektif.

Dia memvote Artikel saya dengan vote Tidak Menarik. Tapi dia berkomentar panjang lebar. Dia bilang negara ini telah ketinggalan 73 tahun sehingga Jokowi harus bangun infrastruktur. Hahahaha. Jadi menurutnya 6 Presiden sebelumnya tidak ada yang membangun Infrastruktur. Hahahaha.

Saya tertawa itu artinya saya sama sekali tidak marah dikomentari seperti itu dan divote seperti itu. Hanya geli saja.  Kalau vote tidak menarik itu artinya tidak tertarik dengan isi artikel. Kenapa harus memikirkannya secara serius dan berkomentar menyanggah?. :D

Okelah itu hanya intermezzo. Saya hanya ingin menyampaikan  saja kepada pendukung Jokowi yang bukan Kecebong bahwa semua orang di negeri ini punya hak menyatakan pendapat dan punya hak untuk menilai kinerja dari Jokowi. Tidak usah osmosi kalau ada orang yang berpikiran ingin mengganti Presiden. Itu hak mereka. Dan silahkan memuji-muji Jokowi setinggi langit juga tidak ada yang larang. Ini negara Demokrasi.

Selanjutnya saya focus pada mereka yang ingin mengganti  Presiden di tahun 2019.  Kira-kira apa alasan mereka untuk itu. Saya mencoba memetakan kira-kira apa alasan orang tidak memilih Jokowi di Pilpres 2019.

Kurang lebih saya kategorikan  dalam 2 kategori yaitu  Kategori Umum  sebanyak 2 kalangan  dan Kategori Khusus sebanyak 5 kalangan.  Paparannya kurang lebih sebagai berikut :

Kategori Umum :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun