Mohon tunggu...
Angly M Sae
Angly M Sae Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Guru di SMP-SMA Sekolah Lentera Harapan (SLH) Labuan Bajo. Guru Aktif Literasi dan Pembina Literasi Sekolah. Guru penulis dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional. Salah satu penulis dalam program Aksilarasi Labuan Bajo yang diadakan oleh Kemenparekraf. Penulis buku antologi puisi Pendidikan dalam Situasi Paling Simpang Siur dan terlibat sebagai penulis dalam beberapa buku antologi puisi serta buku kumpulan artikel.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Pengaruh Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Tumbuhan

2 Februari 2023   18:09 Diperbarui: 2 Februari 2023   18:12 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pertumbuhan tanaman pakchoy. Sumber: dokumen pribadi.

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya jumlah protoplasma sel pada suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, dan jumlah sel yang bersifat tidak dapat kembali pada keadaan sebelumnya. 

Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di daerah titik tumbuh atau meristematik, yaitu bagian yang mengandung jaringan meristem. Jaringan ini terletak di ujung batang dan ujung akar.

Salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah penggunaan pupuk organik (selain pupuk organik, pertumbuhan juga dapat dipengaruhi faktor cahaya, silakan simak ulasannya pada artikel Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman).

 Contohnya kotoran babi. Pupuk kotoran babi banyak mengandung air dan lendir, bila terkena udara maka akan terjadi penguapan sehingga keadaanya menjadi keras. 

Dalam keadaan demikian peranan jasad renik sangat penting untuk mengubah bahan-bahan yang terkandung dalam pupuk menjadi zat-zat hara yang tersedia dalam tanah untuk mencukupi kebutuhan pertumbuhan tanaman

Pupuk kotoran babi padat mengandung unsur hara terutama  Nitrogen yang berperan dalam  memacu  pertumbuhan  tanaman  secara umum, terutama pada fase vegetatif, pembentukan klorofil, asam amino, lemak, enzim,  dan  persenyawaan  lain.  

Hormon yang berperan adalah  auksin  dan giberelin    yang    berfungsi    sebagai    penyusun    protein,   perpanjangan    sel, dan meningkatkan  pembelahan   sel membentuk  daun  baru   sehingga jumlah  tangkai daun  yang dihasilkan berbeda. 

Oleh karena itu, pupuk organik sangat berperan dalam pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman, serta menyokong pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur.

Lalu, apakah kotoran babi adalah jenis pupuk organik terbaik? Ataukah ada opsi pupuk organik lain?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun