Mohon tunggu...
Maryono Pringgo
Maryono Pringgo Mohon Tunggu...

لا يغير ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم وإذا أراد الله بقوم سوءا فلا مرد له وما لهم من دونه من وال "......Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia". (Qs. Ar-Ra'd/13 : 11)

Selanjutnya

Tutup

Media

Sekilas Tentang Istilah Pendidikan, Pengajaran, Pembelajaran dan Belajar

15 November 2016   01:44 Diperbarui: 15 November 2016   01:53 2431 1 0 Mohon Tunggu...

PENDIDIKAN, PENGAJARAN, PEMBELAJARAN DAN BELAJAR

      Di dalam konteks dunia pendidikan istilah pendidikan, pengajaran, pembelajaran dan belajar sering kita jumpai. Istilah-istilah  tersebut sering dipertukarkan pengertiannya. Agar tidak campur dan bias dalam mengartikan keempat istilah tersebut, kita dapat memahaminya dari pendapat para ahli maupun undang-undang yang berkaitan dengan istilah tersebut. Berikut pengertian keempat istilah tersebut::

Pendidikan 

      Menurut George F. Kneller dalam Umi Zulfah (2010) dijelaskan bahwa pendidikan adalah suatu tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan jiwa (mind), watak (character), atau kemampuan fisik (physical ability) individu. Dan di dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dari kedua pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu tindakan atau usaha menumbuhkembangkan atau mewujudkan suasan belajar agar potensi yang ada pada peserta didik dapat berkembang.

Pengajaran

      William H. Burton dalam Sagala (2010) mengungkapkan bahwa pengajaran adalah upaya memberikan stimulus, bimbingan, pengarahan dan dorongan kepada siswa agar terjadi proses belajar. Sementara Zuhairini berpendapay bahwa pengajaran adalah suatu kegiatan memberikan pengetahuan kepada siswa agar mereka dapat mengetahui tentang peristiwa-peristiwa, hukum-hukum atau proses-proses daripada sesuatu ilmu pengetahuan.

Pembelajaran

      Prof. Dr. Syaiful Sagala berpendapat bahwa pembelajaran adalah proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik dan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Sementara di dalam UUS Ssdiknas No. 20 Tahun 2003 dikemukakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumberbelajar pada suatu lingkungan belajar. Sehubungan dengan pembelajaran,  Wina Sanjaya (2007) berpendapat bahwa proses pembelajaran adalah merupakan suatu sistem.

Belajar

      Robert M. Gagne berpendapat bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia yang terjadi setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja  Sehubungan dengan pengertian belajar, Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana (2009) mengemukakan bahwa pengertian belajar telah mengalami perkembangan secara evolusi sesuai perkembangan. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x