Ki Suki
Ki Suki pegawai negeri

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Kuba, Gim Berlatar Cerita Utsman Bin Affan

22 Mei 2018   18:08 Diperbarui: 22 Mei 2018   18:09 338 2 2

Mencari game edukasi islami yang berbeda dengan yang lain? Kita bisa mencoba "Kuba: Kisah Utsman Bin Affan". Game ini merupakan game drawing atau membuat pola gambar yang sesuai dengan cerita. Latar belakang game ini adalah kisah Utsman Bin Affan.

Yang membuat game ini berbeda dengan yang lain ada dua hal. Pertama adalah kisah yang diangkat dalam game. Kedua cara bemain game dengan menggambarkan bentuk sesuai dengan apa yang diminta oleh cerita. Game dikemas untuk anak-anak. Sepertinya tujuan dari game ini mengenalkan kisah Utsman Bin Affan kepada anak-anak. 

Kebanyakan media mengangkat kisah Sahabat Nabi yang heroik seperti Umar Bin Khattab dengan genre action, puzzle atau adventure. Game ini justru menceritakan kisah Utsman Bin Affan yang bisa dikatakan kisahnya tidak banyak diceritakan. Bermain game ini akan membuat anak mengetahui bagaimana kisah Utsman Bin Affan secara detail.

Gameplay atau cara bemain gamenya juga cocok buat anak-anak yaitu menghitung, menghapal dan menggambar. Seperti pada level 1, anak disuruh menghitung jumlah ember dan menggambar atau membuat gambar yang didalamnya terdapat sejumlah ember yang diminta. Jadi ada faktor psikomotorik di sini.

Sebagai game edukasi, game ini juga dilengkapi dengan cerita bergambar tentang kish Utsman Bin Affan. Grafik yang ada dalam game ini tergolong sederhana, namun kombinasi grafik, animasi dan suara sangat menarik. Setidaknya ini memang cocok untuk anak-anak. 

Nah, kalau kita sebagai orang tua yang ingin anaknya bermain game yang mendidik dan membuka wawasan anak tentang Utsman Bin Affan, game ini menjadi pilihan yang baik. Game ini dibuat oleh Nyimas Ariny S, mahasiswa Program Studi Teknologi Game, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Game ini bisa berjalan di perangkat Android, dan tinggal download id GooglePlay.