Anggit Nurkusumah Putri
Anggit Nurkusumah Putri

Janganlah kita diubah oleh dunia , Kitalah yang harus mengubah dunia menjadi lebih baik. Memulai dari hal yg paling kecil yaitu diri kita sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Itu Ilmu dan Apa Itu Pengetahuan?

14 Desember 2015   11:05 Diperbarui: 14 Desember 2015   13:03 20005 0 0

ILMU dan PENGETAHUAN

Perlu kita ketahui bahwa ILMU dan PENGETAHUAN sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menemukan suatu pemahaman yang menghasilkan rasa tahu.

Apa itu ILMU?

Ilmu merupakan usaha kita untuk menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan yang terjadi di alam manusia. Jika seseorang yang ingin berilmu maka perlu memiliki pengetahuan. Ilmu merupakan suatu pengetahuan yang disusun secara bersistem. Ilmu adalah hasil proses berfikir yang diperoleh dari sekitar pengalaman untuk dijadikan objek penelitian dan dapat diakui / diyakini kebenarannya .

Menurut Aristoteles ilmu ada 2 :

  • Ilmu Teoritis : Penyelidikannya bertujuan memperoleh pengetahuan tentang kenyataan.
  • Ilmu Praktis   : Penyelidikannya bertujuan menjelaskan perbuatan berdasarkan pengetahuan.

Contoh :

Secara ilmu teoritis misalkan dibidang ilmu pendidikan lingkungan hidup sampah organik dapat diurai dan sampah anorganik tidak dapat diurai karena dalam faktanya memang benar sampah organik mudah diurai oleh bakteri sedangkan sampah anorganik tidak dapat diurai oleh bakteri.

Namun secara ilmu praktis sampah organik dapat meningkatkan kesuburan tanah karena bahannya organik dapat diurai oleh bakteri yang kemudian menjadi nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Sedangkan sampah anorganik tidak dapat diurai namun di daur ulang menjadi produk baru seperti dijadikan kerajinan tas yang terbuat dari karung goni bekas, mainan anak-anak , dan lain-lain .

Apa itu PENGETAHUAN?

Pengetahuan adalah informasi yang di dapat untuk memperoleh pemahaman , pembelajaran dan pengalaman. Pengetahuan adalah hasil “tahu” melalui panca indera manusia : Indera penglihatan, pendengaran , penciuman , rasa dan raba.

Pengetahuan bisa berasal dari pengetahuan ilmiah dan pengetahuan karena pengalaman .

Contoh :

Pengetahuan berdasarkan pengalaman saat kita membeli macam-macam baju tapi kita menilai bahwa baju tersebut ada perbedaannya, yang satu baju ini bagus, terasa nyaman dipakai sedangkan yang satu lagi terasa kurang nyaman dipakai , kurang modis/bagus dari situlah pengetahuan secara pengalaman dapat menilai bahwa tidak semua baju enak dipakai dan model bajunya modis/bagus.

Namun secara pengetahuan ilmiah baju tersebut memang akan terasa berbeda karena bahannya memang berbeda , dari segi jahitannya, dan segi style nya pun berbeda.

Jadi pengetahuan secara ilmiah menyimpulkan bahwa setiap baju memiliki bahan yang berbeda, style yang beragam dan selera yang tidak pernah puas.

 Kesimpulan :

Jadi ilmu dan pengetahuan sangat berpengaruh untuk dijadikan suatu pemahaman yang tepat , pemaparan yang sesuai dengan kenyataan . karena seseorang dapat diartikan berilmu jika seseorang tersebut mempunyai pengetahuan . Dan seseorang dapat diartikan berpengetahuan jika seseorang tersebut memiliki pengalaman. Jadi pada hakikatnya pengalaman adalah ilmu dan pengetahuan yang sangat berharga yang dapat menghasilkan suatu pemikiran dan rasa tahu .