Anggita Perdani
Anggita Perdani

Teman Diwaktu Senggang ✍

Selanjutnya

Tutup

Politik

Uu Ruzhanul Grogi

13 Maret 2018   20:34 Diperbarui: 15 Maret 2018   10:03 427 1 1
Uu Ruzhanul Grogi
www.politikpanas.com

Bandung, Calon wakil gubernur Jawa Barat dari nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku gugup selama jalannya debat publik Pilkada Jawa Barat 2018 yang digelar di Gedung Sabuga, Bandung, Senin (12/3/2018) malam.

Rasa gugup Uu memang terpancar jelas sewaktu ia terlihat kurang fokus dalam menjawab pertanyaan serta menyimak instruksi dari Rosiana Silalahi selaku moderator debat.

Uu mengatakan, selama proses debat berlangsung, ia mengaku terlalu fokus dengan pendapat pasangan lain hingga lupa gagasan sendiri.

"Saya tadi terlalu banyak memperhatikan orang, jadi tugas saya sendiri lupa. Padahal, hal ini biasa, manusiawi, terlalu fokus pada orang lain. Jadi lupa tugas sendiri, agak grogilah diakui," ucap Uu saat ditemui seusai acara.

Kendati begitu, ia mengaku cukup puas dengan hasil debat tersebut. Ia pun menyanjung pasangannya pada Pilkada Jabar, Ridwan Kamil, yang dinilai sangat baik dalam menjawab pertanyaan dari moderator dan paslon lain.

"Makanya saya perhatikan semua, Kang Emil yang paling hebat. Jadi saya senang dengan hal barusan," ujarnya.

Seperti diberitakan, jalannya debat publik pertama Pilkada Jawa Barat 2018 yang diikuti empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Senin (12/3/2018), berjalan seru.

Pada segmen pertama dan kedua, hampir semua peserta Pilkada Jawa Barat 2018 ikut bicara, baik tokoh cagub maupun cawagub.

Namun, cawagub dari pasangan Rindu, Uu Ruzhanul Ulum, tidak kunjung berbicara. Dia menulis dan sesekali tersenyum ketika mendengar Ridwan Kamil menyampaikan pernyataan atau jawaban. Padahal, cawagub lainnya, Anton Charliyan, Ahmad Syaikhu, dan Dedi Mulyadi, sudah ikut berbicara dan menjawab pertanyaan dari moderator,

Rosiana Silalahi, sejak segmen pertama. Pada jeda antara segmen kedua dan ketiga, salah satu anggota tim pemenangan pasangan Rindu yang juga MC kondang, M Farhan, naik ke atas panggung lalu berbicara dengan Uu Ruzhanul Ulum.

Farhan yang mengenakan kemeja putih, topi hijau, dan celana coklat terlihat berbicara dengan Uu sambil memberikan beberapa arahan dengan gerak tangan. Pada segmen debat publik selanjutnya, Uu akhirnya berbicara dan menyampaikan pertanyaan kepada pasangan nomor urut 2, TB Hasanudin Anton Charliyan.

Pada kesempatan pertama berbicara ini, Uu sempat dikoreksi oleh moderator lantaran kembali bertanya setelah Anton Charliyan menjawab pertanyaan Uu. Menurut Rosi sebagai moderator, Uu seharusnya memberikan solusi atas pertanyaannya, bukan malah kembali bertanya.