Mohon tunggu...
Anggi Setiyaningsih
Anggi Setiyaningsih Mohon Tunggu... Anggi

Cilacap-Solo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa UNS Membagikan Brosur dan Sabun Cuci Tangan kepada Warga Kutawaru

2 Juli 2020   23:48 Diperbarui: 3 Juli 2020   11:32 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNS Membagikan Brosur dan Sabun Cuci Tangan kepada Warga Kutawaru
dok.mahasiswa

Anggi Setiyaningsih, mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, telah melakukan KKN COVID-19 bertemakan Kesehatan Masyarakat dan Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19 yang diselenggarakan oleh tim LPPM KKN UNS.

Kegiatan KKN adalah kegiatan tahunan yang wajib bagi mahasiswa jenjang sarjana muda (S1). Biasanya KKN dilakukan secara berkelompok namun dengan adanya wabah COVID-19 maka tim LPPM KKN UNS berinisiatif menyelenggarakan KKN secara daring dan individu di tempat tinggal masing-masing. 

KKN yang dilaksanakan saat pandemi ini dengan nama KKN UNS Era COVID-19. KKN dilakukan secara daring bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dan membantu masyarakat untuk mencegah penyebaran virus ini dengan melakukan arahan atau sosialisasi kepada masyarakat di daerah masing-masing.

Pada kegiatan KKN UNS Era COVID-19 terdiri dari berbagai kelompok, salah satunya terdapat kelompok KKN dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Yayan Suherlan, S.Sn. M.Sn. Saya mengikuti KKN UNS Era Covid 19 Batch II yang telah terlaksana pada tanggal 15 Mei-30 Juni 2020. KKN ini bertempat di Jalan Nusa Sejati RT 01 RW 03 Kelurahan Kutawaru, Cilacap Tengah, Cilacap, Jawa Tengah.

Program kerja pembagian sabun cuci tangan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dilaksanakan secara door to door dengan menerapkan protokol Kesehatan. Selain melakukan pembagian sabun cuci tangan juga melakukan sosialisasi cara mencuci tangan dengan benar,

"Selain itu saya juga melakukan pembagian brosur New Normal kepada masyarakat Kutawaru yang berisi apa saja yang harus disiapkan pada saat menghadapi new normal. Untuk pembagiannya dilakukan di tempat yang sering diakses oleh masyarakat Kutawaru yaitu salah satunya di tempat Penyebrangan Alas Malang"Ujar Anggi .

Tidak hanya itu, Anggi menyebutkan program kerjanya terdiri atas beberapa kegiatan, antara lain pelatihan cara mencuci tangan dengan benar pada anak-anak, pelatihan cara menggunakan masker pada anak-anak, pemasangan poster cara menggunakan masker kain dengan benar dan cara membuat masker kain dengan kain perca, pemasangan banner social distancing, pembagian tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan kepada komunitas balung cilik yang diberikan kepada ketua komunitas balung cilik yaitu Bapak Paryo dan pembagian face shield pada anak-anak.

Pada pelatihan cara mencuci tangan dengan benar dan cara memakai masker dengan benar, anak-anak sangat antusias untuk mengikuti dan menirunya. Kegiatan ini dilakukan di Jalan Nusa Sejati RT 01 RW 03, Kutawaru, Cilacap Tengah, Cilacap. Sekitar 10 anak mengikuti kegiatan ini dengan menggunakan masker.

Program kerja yang telah terlaksana berjalan dengan lancar dan mendapat apresiasi baik dari warga. Warga merasa terbantu atas program kerja ini dan semua warga bisa melaksanakan pencegahan penyebaran covid dan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

"Saya berharap dapat kegiatan KKN COVID-19 ini dapat membantu pemerintah menghadapi COVID-19 dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat sekitar" Ujar Anggi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x