Mohon tunggu...
Sobar Harahap
Sobar Harahap Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kebenaran harus disampaikan

Love your story

Selanjutnya

Tutup

Politik

Tetep Putih, Enggak Berubah

27 November 2022   19:20 Diperbarui: 27 November 2022   19:24 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Twitter

Saya tidak ikut berada di Gelora Bung Karno. Saya cuma menyaksikan lewat streaming youtube perhelatan temu kangen relawan Jokowi se-Nusantara. Namun kegembiraan dan keseruan acara tersebut, rasanya bisa menular sampai ke penjuru tanah air.

Apalagi ketika Jokowi bicara soal pemimpin yang memikirkan rakyat, yang menurutnya bisa dilihat dari kerutan di wajah dan rambutnya yang putih. Dari jarak 460 km jauhnya, saya ikut bertepuk tangan mendengar pernyataan itu.

Perkataan Jokowi rupanya juga sempat tranding di twiter. Banyak warganet menanggapinya. Bahkan tokoh-tokoh besar semacam Iwan Fals pun ikut meramaikan.

Saya rasa kali ini Jokowi sudah tidak bermain kode-kodean lagi. Ia sudah dengan gamblang menentukan siapa calon presiden pilihannya pada 2024 nanti. Siapa lagi coba sosok rambut putih yang punya elektabilitas tinggi selain Ganjar Pranowo?
 
Sebagai presiden, Jokowi telah membawa negara ini melompat jauh ke depan. Ia sudah membangun pondasi untuk Indonesia maju. Insfrastruktur ditata sedemikian rupa hingga tidak ada lagi ketimpangan. Bahkan bangsa ini menjadi kian berwibawa di mata dunia.

Tentu saja Jokowi ingin pondasi yang sudah ditata bisa diteruskan oleh pemimpin selanjutnya. Paling tidak pemimpin yang memiliki visi misi yang sama tentang kemajuan. Bukan pemimpin yang bisanya sekedar mengganti-ganti nama dan malah bikin bingung rakyatnya.

Pernyataan Jokowi di GBK kemarin sebenarnya hanya mengisyaratkan dua hal. Pertama ia ingin menegaskan kepada relawannya bahwa yang ia dukung selama ini tetap rambut putih. Tidak berubah. Penegasan ini barangkali perlu disampaikan Jokowi mengingat sempat terjadi riak-riak kecil di arus bawah, sampai-sampai muncul rumor yang mengatakan bahwa Jokowi mendukung Prabowo.

Dengan penegasan itu sekarang semuanya menjadi jelas. Bahwa kapal besar Jokowi pada 2024 akan berlabuh pada Ganjar Pranowo.

Kedua, pernyataan Jokowi merupakan pertanda bahwa langkah Ganjar semakin terbuka lebar. Suara Jokowi bagaimanapun tetap mewakili suara internal PDIP. Komunikasi Jokowi dengan Ketua Umum Megawati sampai hari ini juga masih terjalin harmonis.

Memang diakui bahwa selama ini masih banyak yang meragukan tiket pencapresan Ganjar Pranowo. Tidak sedikit pendukung Ganjar yang masih gamang, terlebih pesaingnya sendiri adalah putri mahkota. Namun pernyataan Jokowi mampu meleyapkan keraguan itu.

Paling tidak itulah yang saya rasakan. Mendengar pernyataan Jokowi, dengan sendirinya tumbuh rasa optimis, bahwa Ganjar tetap bakal ikut berkontestasi dalam Pilpres 2024.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun