Mohon tunggu...
Anggih Fidianti
Anggih Fidianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

seseorang yang mencoba menuangkan gagasannya ke dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Ramai Sebut Purwokerto Kota yang Nyaman, Ini Faktanya...

3 November 2023   18:12 Diperbarui: 5 November 2023   14:45 1463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Kebun Raya Baturraden di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.(Dok. Kebun Raya Baturraden via kompas.com)

Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Meskipun kerap disebut sebagai kota kecil, Purwokerto tumbuh sebagai kota dengan padat penduduk asli dan perantau. 

Purwokerto juga dijuluki dengan Kota Pelajar atau Kota Pendidikan sebab banyak sekolah hingga perguruan tinggi berdiri kokoh menjadi pusat pendidikan di Kabupaten Banyumas.

Belum lama ini, jejaring media sosial ramai menyebut Purwokerto menjadi kota ternyaman untuk ditinggali. Hal tersebut mencuat pertama kali oleh Barry Williem, seorang stand up comedy atau pelawak tunggal asal Bekasi, yang pada saat itu menjadi bintang tamu Podcast Warung Kopi (ditayangkan 6 April 2023 oleh saluran Youtube HAS Creative).

Dalam percakapannya dengan Praz Teguh, selaku pemandu acara, Barry Williem ditanya mengapa ia masih saja betah tinggal di Bekasi sedari kecil. 

Berawal dari sana, Barry Williem menceritakan kecintaannya akan Kota Purwokerto. Barry Williem pun menjawab bahwa sebenarnya ia ingin sekali memiliki rumah di Kota Purwokerto.

Saking cintanya dengan Purwokerto, salah satu tato pada lengan kanan Barry bertuliskan aksara jawa yang artinya Purwokerto, lho… 

Hal tersebut membuat Praz Teguh terkesima kepada Barry Williem karena begitu menyukai kota asing, kota yang sekadar beberapa kali ia singgahi.

Barry pun menjawab alasannya, “Enak aja kotanya buat tinggal. Orang-orangnya enak, lingkungannya enak, secara jarak nggak begitu jauh dari Jakarta. Naik kereta hanya 5 jam, naik motor 8 jam, naik mobil 6 jam,” ujar Barry Williem kepada Praz Teguh.

Barry juga sedikit menyinggung Baturraden, sebuah kecamatan di kaki Gunung Slamet, “Dingin, di Baturradennya. Purwokerto ke Baturraden hanya 20 menit. Murah,” sambungnya.

Potongan dari percakapan video tersebut sempat kembali ramai pada platform Tiktok. Sebagai penduduk asli Purwokerto sedari lahir, saya setuju dengan pendapat Barry. Karenanya, pada artikel ini, saya akan menjelaskan fakta-fakta kota Purwokerto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun