Mohon tunggu...
Anggie Windya Eka Putri
Anggie Windya Eka Putri Mohon Tunggu... Penulis - Administrasi dan Guru Bimbel

Penulis Buku Cerpen, Novel dan Buku Anak

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Tanazawi, Destinasi Desa Wisata Berkonsep Jawa dipadukan Jepang di Tuban, Jawa Timur

11 November 2022   23:56 Diperbarui: 11 November 2022   23:57 950
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berdiri di atas dataran tinggi, menikmati pemandangan nan elok, berselimut angin sepoi-sepoi. Ya, Tanazawi, tempat wisata yang mengusung konsep Agriculture Edu Park and Leisure merupakan destinasi wisata yang berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tempat ini berkonsep arsitektur Jepang dan dipadukan dengan arsitektur khas Jawa, oleh karena itu Tanazawi bisa disebut "Desa Wisata Kreatif" dan bisa menjadi program Festival Kreatif Lokal yang diselenggarakan oleh Adira Finance. Tidak hanya untuk tempat wisata rekreasi saja, tapi juga wisata kebun durian. 

Durian di Tanazawi. Sumber : Instagram @tanazawi
Durian di Tanazawi. Sumber : Instagram @tanazawi

Di sana terkenal dengan yang namanya durian Montong, sesuai dengan nama desanya, Montong. Banyak sekali pohon durian yang tumbuh di sana karena tempatnya di dataran tinggi sehingga pohon durian bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak buah durian. Tanazawi termasuk dalam sektor pariwisata yang digadang-gadang untuk memulihkan perekonomian setelah adanya pandemi covid-19, yang tujuannya agar perekonomian bisa berjalan lancar dan juga masyarakat bisa menghirup udara segar setelah terkungkung di rumah saat pandemi covid-19. 

Lokasi Wisata

Tanazawi berada di Desa Bringin Kecamatan Montong Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tempat ini berada di tengah-tengah Kabupaten Tuban, jarak dari pusat kota ke Tanazawi sekitar 26 km atau 30 menit untuk sampai ke lokasi. Sepanjang jalan saat memasuki Kecamatan Montong menuju Tanazawi melewati persawahan, yang merupakan pemandangan indah saat berkendara, sehingga bisa dikatakan "Desa Wisata Ramah Berkendara". Wisata Tanazawi memiliki luas yang sangat luas sekitar 6 hektar lebih. Jadi, persiapkan fisik untuk mengelilinginya, ya.

Tiket Masuk

Tiket masuk wisata Tanazawi terbilang cukup terjangkau dengan begitu luasnya dan juga fasilitas yang membuat pengunjung terpesona akan keindahan dan keseruannya. Untuk tiket masuk hari biasa Rp 15.000, untuk weekend Rp 20.000. Biasanya untuk hari tertentu mendatangkan penampilan Anime Jepang versi lokal, pengunjung bisa berfoto ria bersama Anime Jepang tersebut.

Anime Jepang. Sumber : Instagram @tanazawi
Anime Jepang. Sumber : Instagram @tanazawi

Fasilitas Wisata 

1. Balon Udara Spot Selfie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun