Mohon tunggu...
Anggi Detia Agnesari
Anggi Detia Agnesari Mohon Tunggu... Pendidikan IPS - FIS - UNJ

Seorang mahasiswi yang memiliki impian untuk pergi ke Paris.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Fakta Menarik tentang Budaya Perancis

23 Juni 2021   06:13 Diperbarui: 23 Juni 2021   07:22 123 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fakta Menarik tentang Budaya Perancis
Menara Eiffel dan Pemandangan Kota Paris (sumber: detik.com)

Kebudayaan merupakan hasil cipta karya, rasa dan karsa dari manusia guna memenuhi kebutuhan hidup yang kompleks, yang diantaranya meliputi kepercayaan, pengetahuan, hukum kebiasaan serta rutinitas.

Di sini, kita akan sedikit membahas terkait kebudayaan serta rutinitas yang ada pada masyarakat Perancis. Bangsa Perancis merupakan negara di Eropa yang terkenal menjadi pusat kebudayaan, hal ini disebabkan karena Perancis telah memegang peran penting terkait perkembangan peradaban dan kebudayaan seni yang terus berkembang sejak abad ke 17 dan dengan Kota Paris sebagai pusat dunia budaya tertinggi.

Menurut berbagai sumber bahwa budaya Perancis sangat beragam karena terbentuk melalui berbagai cara, mulai dari geografi, sejarah serta adanya pengaruh dari berbagai kelompok di dalam dan luar dari Perancis yang mencerminkan adanya perbedaan regional dan adanya pengaruh dari imigrasi.

Mari kita telusuri apa saja hal menarik tentang kebudayaan Masyarakat di Perancis yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk kamu yang ingin berkunjung ke Perancis.

Seni dan Kebudayaan Negara Perancis

Di Negara Perancis, seni dan kebudayaan sangat mudah ditemukan. Ada beberapa hal yang mendukung bahwa seni sangat mudah ditemukan di Perancis yaitu di antaranya:

1. Menara Eiffell sebagai Bangunan Ikonik dari Paris, Perancis 

Melihat Menara Eiffel dari Dekat(sumber: tribunnews.com)  
Melihat Menara Eiffel dari Dekat(sumber: tribunnews.com)  

Eiffel merupakan  bangunan paling ikonik di Paris, Perancis dan sangat terkenal sampai ke penjuru dunia. Menara Eiffel ini mulanya dibangun untuk pameran dunia. Dalam sejarah konstruksi sebuah bangunan, menara ini dianggap sebagai karya yang agung secara teknologikal. Pada abad ke-18 menara ini juga menjadi simbol kekuatan Perancis dari keterpurukan dan menurut Gustav Eiffel sendiri sebagai yang membeli hak paten dari menra ini mengatakan bahwa pada Menara Eiffel terdapat simbol Ilmu Pengetahuan dunia dari masa ke masa karena dengan adanya menara ini menandakan telah lahirnya sains bersama manusia.  

2. Banyaknya bangunan kuno yang dipengaruhi oleh Gotik, Romawi Rococo dan Neoklasik.

Bangunan La Madeleine di Paris (sumber: Ixrobba.wordpress.com)  
Bangunan La Madeleine di Paris (sumber: Ixrobba.wordpress.com)  

Di Negara Perancis banyak berdiri gereja serta bangunan kuno lainnya yang memiliki pengaruh dari Gotik, Romawi Rococo dan Neoklasik. Contohnya pada gambar di atas merupakan bangunan bernama La Madeleine di Paris yang bercorak gaya arsitektur Neoklasik. 

La Madeleine merupakan salah satu bangunan neo-klasik besar yang paling awal meniru seluruh bentuk kuil dari Romawi. Arsitektur Neoklasik merupakan reaksi dari gaya arsitektur Rococo dan Boroque, pada gaya arsitektur Neoklasik terdapat bentuk ideal yaitu bangunan kuil dengan atap yang biasanya memiliki bentuk yang datar serta horizontal.


3. Adanya Museum Louvre di Paris

Museum Lovre di Paris, Perancis(sumber: Risal.info) 
Museum Lovre di Paris, Perancis(sumber: Risal.info) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN