Mohon tunggu...
ANGGIA PERMATASARI
ANGGIA PERMATASARI Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Hallo,Saya Anggia Permata Sari/E0017043 dari fakultas hukum UNS Semoga yang saya tulis dapat bermanfaat ya,terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS di Era Covid-19 Berikan Pemahaman kepada Masyarakat untuk Mencegah Covid-19

5 Juli 2020   14:55 Diperbarui: 5 Juli 2020   14:52 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS di Era Covid-19 Berikan Pemahaman kepada Masyarakat untuk Mencegah Covid-19
Pembagian jamu cegah covid-19 dan handsanitizer alami disertai pembagian selebaran edukasi pembuatan&manfaatnya | dokpri

(SURAKARTA, 5 Juli 2020) Universitas Sebelas Maret sebagai agen intelektual menyelenggarakan KKN UNS TANGGAP WABAH  COVID-19 dalam rangka membantu edukasi dan sosialisasi mengenai pencegahan dan penanggulangan Covid-19. KKN UNS TANGGAP WABAH COVID-19 dilakukan sebagai bentuk program pengabdian masyarakat dalam masa Pandemi Covid-19. 

Pelaksanaan kegiatan ini dijalankan secara individu oleh Mahasiswa sesuai domisili nya masing-masing selama 45 hari dari tanggal 15 Mei hingga akhir juni 2020. Salah seorang mahasiswa UNS yang menjalankan KKN UNS TANGGAP WABAH COVID-19 bernama  Anggia Permata Sari dari Program Studi S1 Ilmu Hukum yang melaksanakan kegiatan tersebut di wilayah RT006/RW008 Kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. 

"Alhamdullilah saya sangat senang dan bersyukur dapat erkontribusi untuk Warga Panularan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi terkait Pencegahan COVID-19 yang terlaksana dengan baik dan lancar, atas bantuan dari Pak RT Stefanus Warto, Pemuda-Pemudi Panularan,dan tentunya Warga Panularan yang sangat antusias dan mendukung segala kegiatan yang saya lakukan ini" ujar Anggia.

Tema Besar KKN UNS TANGGAP WABAH COVID 19 yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19". Terdapat empat program yang dijalankan dalam kegiatan KKN tersebut yaitu edukasi COVID-19,gerakan mencuci tangan,cara alternatif barang pencegahan COVID-19 serta gerakan memakai masker. Program tersebut dijalankan dengan dua metode yaitu secara online dan aksi nyata. 

Metode secara online dilakukan dengan pembuatan e-poster,ppt,video yang berkaitan dengan program kegiatan KKN yang dilakukan untuk dibagikan ke IG dan WA. Sedangkan metode dengan aksi nyata dilakukan dengan terjun ke masyarakat secara langsung seperti memberikan edukasi menggunakan poster,edukasi tata cara mencuci tangan yang benar dengan mempraktekanya secara langsung,pemasangan ember-emeber dan sabun cuci tangan,penyemprotan disinfektan,pembagian handsanitizer,jamu cegah covid-19,masker dengan disertai pembagian selebaran edukasi cara membuat dan manfaatnya. 

Kedua metode ini dilakukan agar informasi dibagikan dapat menjangkau secara luas ke seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan KKN ini sangat mendapat dukungan serta dapat terlaksana dengan lancar dan baik atas bantuan Pak RT dan RW Panularan, Pemuda-Pemudi Panularan, Warga Panularan,serta Dosen Pembing Lapangan Bapak Lego Karjoko. Harapan dengan diadakanya KKN UNS TANGGAP WABAH  COVID-19 agar Warga Panularan dapat melakukan pencegahan COVID-19

Kontak: anggiapermata99@gmail.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x