Mohon tunggu...
Anggia Azzahra
Anggia Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban (فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

TB 1 Prof Dr Apollo

9 April 2021   00:28 Diperbarui: 9 April 2021   00:51 31 0 0 Mohon Tunggu...

LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

Laporan keuangan konsolidasi menunjukkan status keuangan dan hasil operasi perusahaan induk dari satu atau lebih anak perusahaan (entitas yang dikendalikan), seolah-olah satu entitas adalah entitas atau perusahaan. Jika satu perusahaan memiliki mayoritas saham beredar di perusahaan lain, maka perusahaan tersebut perlu digabung. 

Ketika satu perusahaan menguasai perusahaan lain atau kedua perusahaan tersebut berada di bawah kendali perusahaan yang lain, maka kedua perusahaan tersebut dianggap memiliki hubungan khusus. Jika terdapat keterkaitan antara dua perusahaan, maka laporan keuangan konsolidasi dianggap lebih berguna daripada laporan keuangan individual dari satu perusahaan. Prinsip akuntansi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi sama dengan yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan tersendiri.

Kegunaan Laporan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi terutama untuk kepentingan pihak-pihak yang memiliki kepentingan jangka panjang di perusahaan induk (seperti pemegang saham, kreditur dan penyedia dana lain dari perusahaan induk). 

Laporan keuangan konsolidasi biasanya merupakan satu-satunya cara untuk memahami dengan jelas sumber daya total perusahaan terkonsolidasi di bawah kendali perusahaan induk dan hasil pengelolaan sumber daya ini, terutama bila ada sejumlah besar perusahaan terkait, cara sederhana lain untuk meringkas hubungan dengan perusahaan-perusahaan ini Banyak informasi tentang masing-masing perusahaan, dan bagaimana status keuangan dan operasi setiap perusahaan memengaruhi seluruh entitas yang terkonsolidasi.

  • Pemahaman jangka panjang tentang dampak anak perusahaan terhadap perusahaan induk.
  • Memberikan informasi terbaru kepada tim manajemen perusahaan induk tentang kinerja anak perusahaannya
  • Memberikan informasi kepada pihak luar yang membutuhkan

  

Prosedur Laporan Keuangan Konsolidasi

Prosedur penyusunan laporan keuangan konsolidasian juga harus sesuai dengan "Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan" (PSAK). Jika prosedur penyusunan laporan keuangan konsolidasian merupakan cara untuk menampilkan laporan keuangan perusahaan induk dan anak perusahaan dalam laporan konsolidasi. Oleh karena itu, semakin tinggi saham yang ditanamkan pada anak perusahaan tersebut, maka semakin tinggi pula kekuasaan dan kendali atas anak perusahaan tersebut. 

Oleh karena itu, perlu disusun laporan keuangan konsolidasi yang meliputi laporan posisi keuangan konsolidasian, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas konsolidasian.

Dengan mempermudah proses penyusunan laporan konsolidasi dan keuangan, tentunya Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Microsoft Excel atau harmony . Fungsi ini memberikan kemudahan dalam memberikan laporan keuangan yang lengkap dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN