Mohon tunggu...
anggauin
anggauin Mohon Tunggu... Dosen - Angga Teguh Prastyo adalah dosen pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang konsentrasi studi pada penelitian skripsi mahasiswa serta pengembangan Manajemen Pendidikan Islam. Akun Youtube: anggauin

Angga Teguh Prastyo adalah dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sehari-hari mengajar pada program studi Manajemen Pendidikan Islam. Peminatan tulisan pada bidang Manajemen Pendidikan Islam serta isu-isu terkait dengan pendidikan agama Islam. Sehari-hari membuat konten mengenai penelitian dan skripsi mahasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Catatan Belajar Riset di Malaysia: Antara Prof. Irwan Abdullah dan Marco Polo

31 Agustus 2022   12:15 Diperbarui: 31 Agustus 2022   12:16 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya, Marco Polo dan Profesor Irwan Abdullah adalah sebuah kata dari tulisan yang sangat ambisius dan tidak mungkin saya bisa mencapai pada level yang sama kepada dua orang hebat ini. Namun demikian, ada keinginan dari diri saya untuk bangkit dari kemalasan menulis dan mulai mentradisikan menulis sebagai bagian dari keseharian untuk menjalani aktivitas. Baik itu dalam mengajar maupun dalam keadaan santai.

 Keinginan untuk mentradisikan menulis memang sudah lama tertanam dalam hati. Namun tidak mudah untuk mengeksekusinya. Hal ini karena memang terlalu banyak alasan yang membuat saya gagal untuk terus bisa menulis sebanyak apapun, di waktu pagi siang maupun sore. Ada satu hal yang selalu membesarkan hati saya. Selama kita selalu mendekatkan diri kepada komunitas ilmu, menetapkan diri kepada orang-orang yang memiliki kredibilitas ilmu yang tidak perlu dilakukan lagi, maka semangat untuk menulis itu akan selalu hadir dan menyinari hidup kita. 

Sungguh suatu anugerah dan saya harus banyak bersyukur hidup di lingkungan di IA Scholar Foundation yang selalu tidak pernah memberikan kata menyerah dan bahkan situasi sulit menjadikan diri kita untuk ditempa bukan ditimpa sehingga ini semua menjadi berkah 

Pada satu kesempatan saya diberi amanah oleh Profesor Irwan Abdullah untuk belajar riset di Malaysia, tepatnya di University Kebangsaan Malaysia, ini merupakan kesempatan emas bagi saya untuk membuka kesadaran yang lebih masif tentang pentingnya menulis. Bukan hanya untuk diri saya tapi untuk murid-murid saya, untuk generasi setelah saya sehingga mereka bisa merasakan dan mewarisi ilmu yang meskipun kecil namun bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

 Sosok Marcopolo merupakan salah satu penulis yang bisa menarasikan berbagai macam kegiatan peristiwa dalam perjalanannya sehingga bisa dipelajari antargenerasi. Inilah salah satu cara saya untuk mencari simbol seorang penulis yang bisa menarasikan berbagai macam peristiwa kegiatan yang terkait dengan di IA Scholar Foundation. 

Harapan saya dengan kebiasaan menulis ini, dengan mentradisikan menulis sebagai bagian dari keseharian, maka menulis akan menjadi sumber berbagi kecerdasan dengan yang lain. Selalu menulis dan mencoba untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik Salam dari saya. 

Penulis Angga Teguh Prastyo, dosen Manajemen Pendidikan Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun