Mohon tunggu...
anggauin
anggauin Mohon Tunggu... Dosen - Angga Teguh Prastyo adalah dosen pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang konsentrasi studi pada penelitian skripsi mahasiswa serta pengembangan Manajemen Pendidikan Islam. Akun Youtube: anggauin

Angga Teguh Prastyo adalah dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sehari-hari mengajar pada program studi Manajemen Pendidikan Islam. Peminatan tulisan pada bidang Manajemen Pendidikan Islam serta isu-isu terkait dengan pendidikan agama Islam. Sehari-hari membuat konten mengenai penelitian dan skripsi mahasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Mengurus Perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Malang Kota

20 Juli 2022   08:36 Diperbarui: 20 Juli 2022   08:41 614 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mengurus perpanjangan SIM C merupakan hal pengalaman baru tapi lama bagi saya. Dikatakan baru karena ada prosedur yang sebelumnya saya tidak mengetahui. Dikatakan lama karena saya pada 5 tahun sebelumnya pernah mengurus perpanjangan SIM C tersebut. 

Waktu pelaksanaan pada bulan Juli 2022 bertempat di Kantor Satpas (Satuan Peyelenggara Administrasi) SIM Polresta Malang Kota yang berada di Jl. Wahidin Kota Malang. Tulisan ini menginformasikan tentang pelayanan SIM di kantor kepolisian yang lebih baik dan lebih up to date.

Saya tiba di Kantor Satpas SIM Polresta Malang Kota sekitar pukul 06.30 WIB. setelah selesai memarkir kendaraan kemudian langsung menuju tempat psikotes. Letaknya berseberangan dengan kantor tersebut. Sepagi itu pun sudah berjubel puluhan orang untuk mengantri psikotest.

Berikut kondisi tempat psikotest: tempat ini lebih layak disebut kedai kopi yang di dalamnya ada tempat psikotes. Desain ruang lebih tepat disebut warung kopi yang berisi berbagai macam kopi maupun makanan dan minuman ringan lainnya. Letak tempat ujian psikotest menjorok ke dalam. 

Sambil menunggu dibuka pelayanan psikotes yang dimulai pukul 07.00 pagi, biasanya para pengantri menikmati kopi yang sudah dipesan sebelumnya. Harga kopi berkisar 5K. Ada banyak meja berjejer dengan kapasitas 5 orang di berbagai sudut warung kopi dan semuanya sudah terisi penuh.

Berikut teknis pendaftaran psikotest: Berkas fotocopy KTP dan SIM yang sudah jadi diletakkan di depan meja depan warung kopi. Ada dua petugas psikotest di sana yang memeriksan kelengkapan syaratnya yakni fotocopy SIM dan STNK 3 lembar serta memastikan bahwa yang ujian psikotest merupakan orang yang masa berlaku SIMnya H-3 sampai hari H. 

Setelah itu, kita disuruh menunggu sambil ngopi-ngopi. Beberapa menit kemudian, setelah dipanggil kita menyiapkan uang Rp. 75.000 dengan uang pas dan jangan lupa juga harus bawa pulpen/bolpoint/alat tulis dan langsung menuju ruang psikotes yang berada di belakang warung kopi tadi.

Kuota kapasitas ujian yang disediakan sekitar 25 orang. Setelah masuk ruangan kita akan diberitahu mekanisme pengerjaan soalnya oleh petugas. Soal psikotes yang diberikan bersifat multiple choice yakni berisi soal yang kemudian ada pilihan jawaban abcd. Sekitar 50 soal diajukan dan tipe soalnya berkisar tentang kepribadian kita. 

Kurang lebih 10 menit selesai dan kita bisa langsung menuju ke ruang kesehatan apabila belum melakukan tes kesehatan. kalau sudah tes kesehatan sebelumnya langsung bisa mengantri di pos pelayanan. 

Oh ya, untuk hasil tes kesehatan berlaku 14 hari, jadi sebelum H-3 dari masa berlaku SIM-nya, sahabat bisa mendahulukan tes kesehatan yang berada sekitar 50 meter sebelum kantor Satpas tadi. Adapun biayanya sekitar 20K.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan