Mohon tunggu...
anggara
anggara Mohon Tunggu... Full Time Blogger - mahasiswa

belajar memjadi seorang PR Professional

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran PR dalam Perusahaan di Era Globalisasi

21 November 2019   18:35 Diperbarui: 21 November 2019   18:51 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki populasi masyarakat terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Dengan begitu, peluang perputaran informasi dan peluang bisnis Internasional juga semakin luas jangkauannya. Hal ini juga dapat berpengaruh dalam kesejahteraan hidup masayarakat Indonesia.

Public Relation atau yang biasa disebut Hubungan Masyarakat adalah sebuah organisasi yang befungsi untuk  mengelola penyebaran informasi ke masyarakat baik secara individu-individu, indiviu-kelompok, kelompok-kelompok yang diperlukan dalam sebuah perusahaan melalui berbagai media cetak maupun online.

Dalam era globalisasi ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan media online atau memanfaatkan teknologi yang baru yang sudah semakin terjangkau dan mudah dugunakan. Pada jaman sekarang, masyarakat lebih banyak membaca berita melalui website berita online yang dapat di akses internet kapanpun dan dimanapun melalui handphone atau gadget.

Media cetak  pada era globalisasi ini sudah kurang diminati oleh sebagian kelompok masyarakat karena kita harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan berita tersebut baik koran, majalah, tabloid dll. Tapi dibalik itu semua, media cetak masih banyak  peminatnya karena sumber berita yang terpercaya dan akurat serta sebagai tempat terpercaya juga untuk mengiklankan sebuah produk.

Dalam media cetak juga berita yang di tampilkan lebih konstektual untuk pembacanya dibandingkan  media berita online yang menampilkan lebih cepat dan singkat. Media cetak dan online akan saling bersinergi dan tak akan mematikan karena keduanya memiliki konsep pemberitaan yang berbeda.

Peran seorang PR dalam era globalisasi ini antara lain dalam Pasar Internasional, seorang PR harus membantu menjembatani investasi dan ruang pasar dalam perjualan produk. Dalam bidang Public Relation dan bidang komunikasi dalam era ini juga sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan.

Seorang PR juga harus bisa memanfaatkan teknologi informasi yang sudah di era sekarang atau dalam kata lain harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada. Dalam memasarkan sebuah produk dapat melalui media online atau cetak.

Yang lebih mudah dan lebih luas jangkauannya untuk zaman sekarang ini yaitu melalui media online. Dalam media online kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan dan memanfaatkannya agar kita tidak mudah terpengaruh oleh HOAX atau berita yang tidak benar yang dapat menurunkan citra dan nama baik perusahaan.

Kita juga harus menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan lainnya baik internal maupun external perusahaan. Agar dalam kita memasarkan produk yang kita akan tawarkan mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan lain.

Kita juga dalam memasarkan produk yang kita tawarkan harus menggunakan Bahasa yang baik dan dapat dimengerti oleh masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan dalam media online, media cetak ataupun bertemu langsung kepada masyarakat kita harus bisa menerima kritik dan saran agar menjadi evaluasi kita kedepannya.

Seorang PR perusahaan juga harus memiliki Managemenet Backup baik dalam bidang pemasaran, operasional, teknik, keuangan demi terciptanya tujuan bersama. Dengan itu dalam PR, kita harus dapat bekerja sama dalam tim agar mendapatkan tujuan bersama dan tidak ada lagi pro dan kontra yang dipermasalahkan. Kita juga harus bisa menciptakan citra perusahaan dan publisitas positif baik internal dan external.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun