Mohon tunggu...
Anggani Safrino
Anggani Safrino Mohon Tunggu... MAHASISWA ADMINISTRASI PENDIDIKAN

NAMA : ANGGANI SAFRINO TTL : 20 APRIL 2000 TAPAN saya tinggal di TAPAN kecamatan ranah ampek hulu kabuaten pesisir selatan riwayat pendidikan saya TK asyah tapan SDN 1O TALANG SMPN 1 BASA AMPEK BALAI SMAN 1 BASA AMPEK BALAI Mahasiswa Aktif Program Studi Administrasi Pendidikan FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI 2018-SEKARANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peranan Pendidikan dalam Masyarakat Desa Talang Ketaping

7 April 2021   08:26 Diperbarui: 7 April 2021   08:48 49 2 0 Mohon Tunggu...

Peranan Pendidikan Dalam Masyarakat

Desa Talang Ketaping

Pendidikan sama kita ketahui bahwa pendidikan merupakan pilar utama dalam sebuah kelompok yang bertujuan meningkatkan kehidupan individu atau pun kelompok masyrakat. Hal ini dikarenakan pendidikan salah satu kunci keberhasilan suatu Negara, karena pendidikan memberikan pengetahuan kepada individu atau kelompok secara testruktur, dan Negara kita Indonesia telah menerapkan pendidikan wajib, selama 12 tahun yang sama kita ketahui mlai dari tinggkat sekolah dasar, sekoklah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, yang masing-masing satuan pendidikan tersebut memiliki peran masing-masing.

Nah perlu kita ketehui selain pendidikan wajib yang telah saya jelaskan di atas, salain pendidikan wajib, pendidikan non formal juga dekat sekali dengan masyrakat, seperti pendidikan keterampilan, keahlian menjahit, membuat kerajinan ayaman yang dikelolo oleh usaha mikro menengah, atau desa. Dengan demikian pendidikan dan masyarakat tidak dapat dipisahkan, karna kemajuan masyrakat karena adanya pendidikan dan begitupun sebaliknya. Pendidikan dan masyrakat merupakan komoponen penting dalam kehidupan sosial, karena pendidikan akan mencerdaskan seseorang dan membawa seseorang tersebut diakui dimasyarakat. Dengan demikian pendidikan sangat mempunyai peran penting dalam masyarakat atau kehidupan sosial.

Dari uraian di atas mengenai pendidikan dan masyarakat, dapat saya sampai bagaimana peran pendidikan di masyarakat di sekitar saya? Menurut saya setelah saya mengamati dan menganalisis pendidikan disekitar lingkung tempat saya tinggal, saya menemukan beberapa point-point masalah yang terjadi di sekitar lingkungan saya.

Saya melihat dari sisi ekonomi dimana masalah ekonomi ini sangat erat sekali dengan pengangguran. Pengangguran merupakan masalah sosial yang kerap terjadi di manapun. Hal ini bisa terjadi kerena rendahnya tingkat pendidikan di suatu wilayah, atau pun kurangnya lapangan kerja di wilayah terebut.

Okey, saya kembali dengan masyarakat disekitar saya, dimana masyrakat disekita saya, tempatnya di Desa Talang Ketaping, Nagari Talang Koto Pulai, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Banyak anak-anak muda dikampung saya setelah tamat SMA mereka pergi merantau ke Malaysia. Dengan demikian saya beranggapan bahwa bukan pendidikan di masyrakat saya yang salah, tapi masih kurangnya pemikiran masyarakat terhadap pendidikan, masih banyak masyarakat yang berfikir bahwa pendidikan tamat SMA saja sudah cukup, tapi ini menurut saya belum menjawab bahwa mereka dapat bersaing dengan masyarakat luar.

Dari masalah di atas adapun solusi yang dapat dilakuka di desa saya adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan, dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, membukan lapangan pekerjaan, memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakt yang produktif kerja/anak-anak muda desa, mengembangkan umkm dalam meningkatkan ekonomi kreatif agar mengurangi penganguran di desa.

Hal seperti di atas lah yang harus di gencarkan oleh pemerintah desa dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berkuantitas, agar masyrakat desa dapat memperbaiki kehidupan sosial mereka. Dengan adanya program yang diberikan kepada masyarakat sebagai jembatan mereka melakukan pengembangan kreatifitas diri mereka. Jadi dengan adanya peran pendidikan di masyarakat diharapkan dapat mengubah mainset masyarakat dan mulai berfikir untuk kedepannya 5 tahun yang akan datang 10 tahun yang akan datang bahkan 25 tahun yang akan datang. Pemikiran-pemikiran seperti ini lah yang dibutuh oleh orang-orang dalam membangung kehidupan yang lebih maju.

Dari uraian di atas dapat saya simpulkan bahwa peran pendidikan di masyarakat sekitar saya masih cukup baik walaupun masih banyak kekurangan dalam pengelolaan dengan masih banyaknya masyarakat yang merantau keluar daerah dalam mencari pekerjaan, sehingga hal itu membuat mobilitas sosial di desa saya berkembang cukup lambat. Akan tetapi hal ini pasti akan dapat di atasi dengan berbagai cara seperti yang telah saya paparkan tadi, dengan tujuan memajukan kehidupan masyarakat melalui pendidikan dan pembinaan. Agar masyarakat mampu untuk bersaing dan masyarakat lainnya di setiap bidang-bidang. Hal ini saya yakini dapat meningkatkan ekonomi masyrakat dan menekan angka penganguran didesa saya.

VIDEO PILIHAN